Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Laskar Pelangi Karya "Andrea Hirata" dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Safitri, Novia Cindy (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Laskar Pelangi Karya "Andrea Hirata" dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
201190200_NOVIA CINDY SAFITRI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Safitri, Novia Cindy. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ibu Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Laskar Pelangi, Tujuan Pendidikan Islam.
Dampak perkembangan globalisasi tengah dirasakan masyarakat dan menjadi perbincangan hangat di era modern ini. Tidak hanya memberikan efek positif tetapi juga memberikan efek negatif. Berbagai permasalahan yang ditimbulkan disebabkaan karena kurangnya pendidikan nilai-nilai ke-Islaman di dalamnya. Oleh karena itu novel Laskar Pelangi merupakan salah satu novel yang tepat dan mengandung banyak nilai-nilai pendidikan Islam yang patut diteladani dan menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi dengan tujuan pendidikan Islam.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data dalam penelitian library research diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan seperti buku, artikel/jurnal, skripsi, maupun internet yang memiliki kaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi yang terdiri dari tahap editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analiysis).
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi yaitu, a) Nilai Tauhid/akidah diantaranya, keyakinan terhadap zat-zat Allah, takdir dan ketetapan Allah, syirik. b) Nilai Ibadah diantaranya, taharah (bersuci), shalat, dzikir, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi mungkar, dan menutup aurat. c) Nilai Akhlak diantaranya, sikap lemah lembut dan sopan santun, tawakal, tidak berlebih-lebihan, perilaku terpuji dan tidak mencela, disiplin dan pekerja keras, sabar, tidak berdusta, dan berbakti kepada orang tua. d) Nilai Sosial/kemasyarakatan diantaranya, jual beli (muamalah), toleransi, bermanfaat untuk orang lain, demokratis, dan peduli lingkungan. (2) relevansi antara nilai pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi dengan tujuan pendidikan Islam. a) Nilai tauhid/akidah Islam relevan dengan tujuan pendidikan Islam dilihat dari aspek ajaran dan kepercayaan. b) Nilai ibadah relevan dengan tujuan pendidikan Islam pada aspek peribadatan yang menjadikan tujuan diciptakannya manusia hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. c) Nilai akhlak relevan dengan tujuan pendidikan Islam pada aspek akhlak terpuji yang dijadikan teladan dan pembentukan karakter. d) Nilai sosial dan kemasyarakatan relevan dengan tujuan pendidikan Islam pada aspek sosial dimana manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:35
Last Modified: 05 Jul 2023 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25266

Available Versions of this Item

  • Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Laskar Pelangi Karya "Andrea Hirata" dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. (deposited 05 Jul 2023 04:35) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item