Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo

Milawati, Ayu Fairus (2023) Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190212_AYU FAIRUS MILAWATI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Milawati, Ayu Fairus. 2023. Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ika Rusdiana, M.A.

Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Moral, Peserta Didik

Kecerdasan moral menurut Borba adalah kemampuan memahami hal yang baik dan yang salah artinya, memiliki kepercayaan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut, sehingga orang bersikap benar dan terhormat. Keadaan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo masih heterogen, ada yang sudah sesuai dengan yang diharapkan guru dan ada yang belum. Maka dari itu, perlu bimbingan yang intensif dalam mengembangkan kecerdasan tersebut. Peran guru sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai educator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai fasilitator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan model Milles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) peran guru kelas sebagai educator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo yaitu sebagai pendidik guru berperan sebagai teladan bagi peserta didiknya, dan juga melalui kegiatan pembiasaan, (2) peran guru kelas sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo yaitu peran guru kelas sebagai motivator dengan memberikan dukungan, memberikan nasihat, guru menciptakan kompetisi, membuat kelompok, dan memberikan hadiah bagi peserta didik yang berprestasi, (3) peran guru kelas sebagai fasilitator dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di MIN 4 Ponorogo yaitu sebagai fasilitator guru memberi kemudahan dan membantu peserta didik dalam pemahaman materi, membangun hubungan dekat dan akrab dengan peserta didik, dan membimbing dengan pendekatan terhadap peserta didik yang mengalami masalah dan mengajak peserta didik terbuka tentang permasalahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:40
Last Modified: 04 Jul 2023 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item