..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Upaya Penanaman Nilai Agama dan Moral Melalui Sentra IMTAQ di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo

Astuti, Nita Windi (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Upaya Penanaman Nilai Agama dan Moral Melalui Sentra IMTAQ di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPAYA PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI SENTRA IMTAQ DI TA AL-MANAAR AL-ISLAMIYAH NGABAR PONOROGO NITA WINDI ASTUTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bagi anak usia dini beradaptasi dengan lingkungan bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan fakta yang terjadi di lingkungan saat ini banyak anak usia dini yang kurang memahami tetang aturan moral dan nilai agama yang berlaku di masyarakat. TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo memilih untuk menerapkan penanaman nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ sebagai sarana dan media pembelajaran untuk membantu anak dalam mempelajari dan menerapkan tentang nilai agama dan moral.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya penanaman nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo, (2) untuk mengetahui faktor-Faktor yang Mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo, (3) untuk mengetahui capaian perkembangan nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini anak kelas B, wali kelas B, guru sentra IMTAQ dan kepala sekolah TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo. Adapun teknik analisis data yang digunakan ini sesuai dengan konsep yang diberikan oleh Miles Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya penanaman nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo diterapkan melalui metode pembiasaan, keteladanan, penanaman karakter, ceramah, praktek, penugasan, dan hasil karya. (2) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi penanaman nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo yaitu faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal. (3) Capaian perkembangan nilai agama dan moral melalui sentra IMTAQ di TA Al–Manaar Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo yaitu anak mampu mengenal agama yang dianut, anak mampu melaksanakan ibadah, anak mampu membedakan perilaku baik dan buruk, anak mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, anak mengetahui hari besar Islam, dan anak mampu bertoleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:40
Last Modified: 04 Jul 2023 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item