Budaya Apel Jumat dalam Pembenttukan Karakter Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo

Melani, Marsya (2023) Budaya Apel Jumat dalam Pembenttukan Karakter Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MARSYA MELANI 203190068 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Melani, Marsya. 2023. Budaya Apel Jumat dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata kunci: Budaya sekolah, budaya apel Jum’at, karakter peserta didik.
Mengingat di era saat ini banyak kasus krisis moral baik dikalangan anak, remaja ataupun orang tua, maka penguatan nilai karakter sangat diperlukan. Permasalahan yang sering kita lihat di berbagai media maupun secara langsung memperlihatkan bahwa sebagian peserta didik seolah-olah tidak tahu apa-apa tentang pendidikan karakter. Dalam membangun karakter yang baik dalam diri peserta didik, setiap lembaga pendidikan sudah seharusnya menerapkan budaya sekolah untuk membiasakan dalam pembentukan karakter. Dalam pembentukan karakter ini budaya sekolah harus terus menerus dibangun dan dilakukan oleh semua yang terlibat dalam pendidikan di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik kelas 2A melalui budaya apel Jumat di MIN 4 Ponorogo; dan (2) mendeskripsikan dampak dari pembentukan karakter peserta didik kelas 2A melalui budaya apel Jumat di MIN 4 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian berasal dari peserta didik kelas 2A, wali kelas 2A, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan Kepala Sekolah MIN 4 Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pembentukan karakter peserta didik kelas 2A melalui budaya apel Jumat di MIN 4 Ponorogo diantaranya adalah membentuk karakter disiplin dimulai dari disiplin waktu yaitu datang tepat waktu yaitu dengan datang lebih awal ke madrasah, menaati peraturan dan tata tertib yang ada. Sedangkan untuk pembentukan karakter religius yaitu peserta didik melaksanakan shalat berjamaah baik shalat dhuha maupun shalat dhuhur, mampu menghafal surat-surat pendek, menghafal asmaul husna, maupun shalawat. Selain itu juga dapat dirasakan melalui pembiasaan bersalaman di pagi hari dan membaca do’a sebelum maupun setelah pembelajaran. Kemudian untuk pembentukan karakter tanggung jawab melalui kegiatan apel jum’at yaitu bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang telah diberikan oleh guru dan peserta didik mampu membangun keberanian pada dirinya sendiri. (2) Dampak pembentukan karakter peserta didik kelas 2A melalui apel Jumat di MIN 4 Ponorogo yaitu terbentuknya karakter disiplin, religius dan tanggung jawab peserta didik dalam kehidupan sehari-hari yang ditampakkan dalam perilaku keseharian di sekolah dan dalam pergaulan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:35
Last Modified: 04 Jul 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25251

Actions (login required)

View Item View Item