..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Berdasarkan Perspektif Psikologi pada Siswa Kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Nuryana, Muji (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Berdasarkan Perspektif Psikologi pada Siswa Kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190276_MUJI NURYANA_PGMI.pdf

Download (750kB)

Abstract

Nuryana, Muji. 2023. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Berdasarkan Prespektif Psikologi pada Siswa Kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Keguruan (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya guru, kesulitan membaca siswa, prespektif psikologi
Kesulitan membaca menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Hal ini sering ditemui pada anak usia sekolah dasar, seperti yang terjadi pada kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo. Guru berupaya membantu siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan harapan agar siswa tidak tertinggal jauh dengan teman-temannya.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca berdasarkan prespektif psikologi ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa kelas IV MI Sabilil Ummah Tumpuk, Sawoo, Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023, (3) untuk mendeskripsikan implemetasi dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca berdasarkan prespektif psikologi pada siswa kelas IV MI Sabilil Ummag Tumpuk, Sawoo, Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran tidak semuanya berjalan sesuai dengan ekspektasi. Guru mempunyai permasalahan, yaitu terdapat siswa yang masih kesulitan membaca. Kesulitan membaca dialami 2 siswa dari 27 jumlah siswa di kelas empat. Keadaan siswa tersebut sangat mempengaruhi proses pembelajaran karena siswa akan sulit untuk menerima dan memahami pembelajaran sehingga tertinggal jauh dengan teman-temannya yang lancar membaca, (2) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca berdasarkan perspektif psikologi ditinjau dari aspek kognitif pada siswa kelas IV yang mengalami kesulitan membaca dengan memberikan jam tambahan yang memuat bimbingan belajar, baik kelompok maupun individu, dari aspek afektifnya guru melakukan pendekatan khusus pada siswa dengan memberikan perilaku halus tidak mengasari anak, dan mengatur tempat duduk siswa. Upaya guru tergolong dalam metode nasihat, motivasi dan pengelolaan kelas, dari aspek psikomotorik dengan cara pembentukan rasa kepercayaan diri pada siswa, dan (3) Implementasi dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas IV MI Sabilil Ummah, belum tercapai secara maksimal akan tetapi sudah ada peningkatan yang sebelumya membaca dengan suara yang pelan dan membacanya masih dengan mengeja huruf dan masih sulit untuk menggabungkan menjadi kata, kini sudah mampu mengeja huruf menjadi kata dan percaya diri dalam melafalkan dan menyuarakan bacaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:33
Last Modified: 04 Jul 2023 07:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25247

Actions (login required)

View Item View Item