Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo

Rahma, Aida Fazatur (2023) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
AIDA FAIZATUR RAHMA 205190029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian merupakan usaha seseorang untuk melepaskan diri dari orang dewasa dengan tujuan untuk menemukan jati dirinya melalui sebuah proses dalam pencarian identitas ego. Munculnya kemandirian anak usia dini dapat ditandai dengan mampu mengatakan atau meminta jika menginginkan sesuatu, mengikuti aturan yang berlaku, memilih kegiatannya sendiri, membereskan alat permainan yang sudah digunakan, mencuci dan mengeringkan tangan, makan dan minum sendiri, memakai dan melepas sepatu sendiri, mulai mahir menggunakan toilet dengan bantuan orang tua/pengasuh, mulai memiliki kebiasaan yang teratur. Dalam mengembangkan kemandirian anak saat di sekolah perlu adanya strategi guru. Di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo peneliti menemukan permasalahan mengenai kemandirian, seperti anak belum bisa menyelesaikan tugasnya secara mandiri, masih ada anak yang enggan menaruh barang miliknya pada tempat yang semestinya, dan kurang berkomunikasi dengan teman dan lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi guru dalam mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo; (2) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo; dan (3) capaian perkembangan kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) strategi guru dalam mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo adalah guru memberikan contoh serta membimbing, melalui pembiasaan, secara berulang-ulang, metode bermain sambil belajar. kerjasama antara guru dan orang tua.; (2) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo, adalah faktor pola asuh orang tua, dan faktor lingkungan; dan (3) capaian perkembangan kemandirian anak usia dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo, mayoritas sudah dalam kategori berkembang sesuai harapan. Tetapi masih terdapat beberapa anak kemandiriannya pada kategori mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMI ROHMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:35
Last Modified: 03 Jul 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item