...(PERBAIKI SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Sikap Kejujuran Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo

Sholekhah, Binti Rohmatul (2023) ...(PERBAIKI SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Sikap Kejujuran Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI-Binti Rohmatul Sholekhah 201190047 New.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan merupakan tokoh utama dalam pengembangan sumber daya manusia. Termasuk dengan karakter manusia yang dimana karakter biasanya identik dengan akhlak, sehingga karakter atau sikap ialah nilai-nilai dari segala perilaku manusia yang universal yang meliputi seluruh aktivitas manusia baik hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia maupun lingkungan yang terwujudkan dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatannya berdasarkan norma-norma yang berlaku. Dalam menumbuhkan sikap seseorang merupakan langkah awal terjadinya akhlak pada diri seseorang jika kehendak itu diwujudkan dalam bentuk pembiasaan sikap dan perilaku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan membangun sikap kejujuran peserta didik kelas IX B di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo; (2) Mendeskripsikan Peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan sikap kejujuran peserta didik kelas IX B di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo; (3) Mendeskripsikan Implikasi peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan sikap kejujuran peserta didik kelas IX B di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain deskriptif berjenis study kasus. Adapun proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan empat langkah analisis data yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclusion.
Berdasarkan hasil data yang ditemukan bahwa 1)Membangun sikap kejujuran peserta didik melalui tiga pembiasaan yaitu kegiatan infaq jum’at, peraturan-peraturan UTS atau UAS dan alat komunikasi atau HP wajib dikumpulkan. 2)Peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan sikap kejujuran peserta didik di MTs Muhammadiyah 1 Ponorgo, a)peran guru sebagai pendidik ia menegur peserta didik agar peserta didik tidak mengulangi lagi perbuatan menyontek. b)Peran guru sebagai pembimbing ia memberikan arahan kepada peserta didik supaya peserta didik tidak melakukan tindakan pengelabuhan seperti ketika ada jam kosong peserta didik berkeliaran diluar kelas. c)Peran guru sebagai motivator ia memberikan nasehat-nasehat kepada peserta didik agar tidak melakukan manipulasi seperti mengklaim hasil pekerjaan rumah atau PR milik temannya dan mengaku bahwa ituhasil dari mengerjakan sendiri. d)Peran guru sebagai evaluator ia memberikan evaluasi atau penilaian terhadap peserta didik dengan mengamati perilaku peserta didik di madrasah. 3)Implikasi peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan sikap kejujuran peserta didik di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo, setelah adanya peran guru akidah akhlak tersebut semakin meminimalisir perilaku menyontek, pengelabuhan dan manipulasi yang dilakukan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:32
Last Modified: 03 Jul 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item