...(PERBAIKI SCAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI FULL SATU LEMBAR TAMPAK POTRAIT, UPLOAD ULANG)...Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di MTs Darul Huda Ponorogo)

Zamzami, Umi (2023) ...(PERBAIKI SCAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI FULL SATU LEMBAR TAMPAK POTRAIT, UPLOAD ULANG)...Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di MTs Darul Huda Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UMIZAMZAMI_ETHESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Zamzami, Umi. 2023. Supervisi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo : Afni Ma’rufah, M.Pd.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisi, Profesional Guru
Supervisi kepala sekolah terhadap guru merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam program peningkatan kompetensi profesional guru sehingga akan mencetak kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran yang baik. Melalui supervisi yang dilakukan kepala madrasah, tenaga pendidik yang berada di lembaga ini dapat meningkatkan kompetensinya sehingga akan terbentuk guru yang profesional yang dapat menguasai landasan pendidikan dengan mengenal tujuan pendidikan, mengenal fungsi madrasah serta mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan, selain itu guru diharapkan dapat menguasai bahan pengajaran kurikulum pendidikan, dapat menyusun program pengajaran serta dapat menilai hasil dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam meningkatkan kompetensi profesional guru terdapat pendekatan supervisi serta teknik supervisi dengan memanfaatkan waktu yang tersedia agar tujuan dari supervisi yang dilakukan kepala madrasah terhadap guru dapat dilakukan secara efektif sehingga akan mencapai keberhasilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendekatan supervisi kepala madrasah di MTs Darul Huda Ponorogo dan mendeskripsikan teknik supervisi apa saja yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yang ada di MTs Darul Huda Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan tenaga pendidik di MTs Darul Huda Ponorogo. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data yaitu kondensasi atau reduksi data untuk menyederhanakan, mengabstrakkan, serta mentransformasikan data yang mendekati keseluruhan bagian dari catatan lapangan, Display atau penyajian data untuk menemukan suatu makna dari data-data yang telah di peroleh yang kemudian disusun secara sistematis, dan penarikan kesimpulan yang merupakan bagian akhir dari penelitian untuk menjawab rumusan masalah.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Supervisi kepala madrasah di MTs Darul Huda Ponorogo menggunakan tiga pendekatan supervisi yaitu pendekatan langsung, tidak langsung dan kolaboratif. Pendekatan langsung dilakukan ketika kepala madrasah terjun langsung kelapangan ataupun langsung berkunjung di setiap kelas dan apabila nantinya kepala madrasah mendapatkan kekurangan yang ada pada saat proses pelaksanaan pembelajaran kepala madrasah akan menegur guru secara langsung di waktu itu juga. Pendekatan tidak langsung dilakukan kepala madrasah dengan memanggil salah satu guru yang bermasalah di ruang kepala madrasah yang mana kepala madrasah memberikan kesempatan yang leluasa untuk mengungkapkan permasalahan yang dihadapi. Pendekatan kolaboratif merupakan perpaduan pendekatan langsung dan tidak langsung. 2) teknik supervisi yang dilakukan kepala madrasah MTs Darul Huda Ponorogo yaitu teknik kunjungan kelas yang bertujuan untuk mengetahui secara langsung proses pembelajaran di kelas, teknik pertemuan pribadi yang dilakukan oleh kepala madrasah dengan tenaga pendidik, rapat guru yang dilakukan setiap satu bulan sekali untuk mengevaluasi program-program yang telah berjalan , seminar yang diadakan oleh madrasah maupun instansi lain dalam rangka meningkatkan profesional guru, serta diskusi yang biasanya dilakukan oleh guru guna membahas program-program madrasah maupun kegiatan madrasah yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:40
Last Modified: 03 Jul 2023 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25234

Actions (login required)

View Item View Item