Kontribusi Mata Pelajaran IPS dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMP Negeri 1 Pudak

Rahayu, Munawaroh Putri (2023) Kontribusi Mata Pelajaran IPS dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMP Negeri 1 Pudak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190030_Munawaroh P.R_T.IPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahayu, Munawaroh Putri 2023. Kontribusi Mata Pelajaran IPS Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMP Negeri 1 Pudak. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Kontribusi, Mata Pelajaran IPS, Pendidikan Karakter

Di SMP Negeri 1 Pudak terdapat Siswi yang sering bolos sekolah dan memiliki riwayat kenakalan dalam masyarakat. Hal ini memicu kesenjangan sosial yaitu anak tersebut menjadi dikucilkan dan pendiam, tidak mau bersosialisasi dengan teman-temannya. Permasalahan berbeda juga dating dari peserta didik disana yang kadang tidak mau bekerjasama. Mereka bersikap individual dan memikirkan diri sendiri. Bahkan piket kelaspun jarang untuk dilakukan. Kedua masalah tersebut perlu ada tindakan lebih lanjut.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisi (1) Kontribusi mata pelajaran IPS dalam peningkatan nilai peduli sosial sebagai sarana meningkatkan pendidikan karakter peserta didik, (2) Bagaimana kontribusi mata pelajaran IPS dalam peningkatan nilai gotong royong sebagai sarana meningkatkan pendidikan karakter peserta didik. Sehingga bisa mengetahui bagaimana kontribusi Mata Pelajaran IPS dalam peningkatan pendidikan karakter peduli sosial serta gotong royong terhadap peserta didik di SMP Negeri 1 Pudak. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi di SMP Negeri 1 Pudak serta melakukan wawancara dengan narasumber yang bersangkutan.
Adapun penelitian ini di rancang dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus yang menghasilkan data-data deskripsi tertulis yang berupa kata-kata dari narasumber yang bersangkutan, jadi peneliti melakukan wawancara serta observasi ke lapangan tempat peneliti untuk mengambil data. Observasi yang diamati adalah SMP Negeri 1 Pudak dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Pudak serta partisipan peneliti yang di wawancarai adalah Guru Mata Pelajaran IPS, Kepala Sekolah, anggota OSIS, dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Pudak. Kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles Huberman dan Saldana meliputi reduction, display data, dan conclusion darwing. Dalam keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil data yang ditemukan bahwa (1) kontribusi mata pelajaran IPS terhadap pendidikan karakter peduli sosial dan gotong royong cukup besar. Dikatakan tersebut karena peserta didik mengakui dan juga dengan menggunakan peristiwa dilingkungan sebagai bahan ajarnya, maka peserta didik mudah untuk memahami apa yang disampaikan dan tidak monoton dibuku saja. Karena IPS merupakan mata pelajaran yang membahas kehidupan sosial bermasyarakat, sehingga memudahkan proses penanaman pendidikan karakter tersebut kepada peserta didik, (2) penggunaan metode lapangan, dengan proses pembelajaran dilakukan dengan pemberian contoh kejadian-kejadian yang ada di lingkungan sekitar sekolah, sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami dan menganalisisnya, (3) kontribusi sekolah cukup besar terhadap perkembangan pendidikan karakter siswa. Sehingga sekolah juga memberikan beberapa ektrakulikuler agar mereka dapat berinteraksi secara terbuka. Dengan demikian walaupun zaman semakin maju, teknologi semakin berkembang, bahkan berbagai pengaruh dan perbedaan semakin jelas namun sebuah pendidikan karakter harus tetap ditanamkan kepada generasi bangsa. Guru IPS telah membuktikan bahwa dengan melakukan inovasi baru, maka akan terciptanya sebuah sebuah pembelajaran yang mengasikkan serta proses penanaman karakter yang tanpa mereka sadari akan melekat pada dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:22
Last Modified: 03 Jul 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25223

Actions (login required)

View Item View Item