Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Mapel Al-Quran Hadis Di Ma Putri Ma’arif Ponorogo Tahun 2021/2022

Lestari, Asi (2023) Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Mapel Al-Quran Hadis Di Ma Putri Ma’arif Ponorogo Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Asi Lestari 201180039.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Asi. 2023. Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Mapel Al-Quran Hadis Di Ma Putri Ma’arif Ponorogo Tahun 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), institut Agama islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M. Ag.
Kata kunci: Keterampilan Bertanya, Peningkatan Hasil Belajar, Kreativitas Siswa.
Hasil belajar merupakan perilaku yang diperoleh setelah pembelajaran perubahan perilaku yang dimaksud dapat mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Kreativitas siswa adalah potensi yang mutlak dimiliki oleh setiap peserta didik untuk mencapai prestasi yang optimal dalam menempuh pendidikan. Melihat realita sekarang terdapat problem yang terjadi dalam sekolah khususnya dalam sistem mengajar guru di MA Putri Ma’arif Ponorogo. Diantara problem yang terjadi adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan kemampuan bertanya pada siswa setelah pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaruh kepada siswa terkhusu pada peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa khusunya pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, melalui wawancara dengan guru mapel Al-Quran Hadis yang berada di MA Putri Ma’arif Ponorogo, diperoleh beberapa nformasi terkait siswi di MA Putri Ma’arif Ponorogo, bahwa kurangnya kreativitas dan hasil belajar, hal ini ditanda dengan kurangnya siswa dalam memberikan feead back dalam pembelajaran setelah guru menjelaskan materi.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh kemampuan keterampilan bertanya guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mapel pembelajaran Al-Quran Hadis di MA Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022. (2) mengetahui pengaruh kemampuan ketrampilan bertanya guru terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mapel pembelajaran Al-Quran Hadis di MA Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MA Putri Ma’arif Ponorogo yang berjumlah 70 anak. dalam penelitian ini menggunakan sekala likert yang mana jika populasi kurang dari 100 maka seluruh sempel yang ada diambil seluruhnya. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) ketrampilan bertanya guru berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada mapel Al-Quran Hadits di MA Putri Ma’arif Ponorogo, dengan prosentase sebanyak 38,7%. (2) Ketrampilan bertanya berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas siswa pada mapel Al-Quran Hadist di MA Putri Ma’arif Ponorogo, dengan presntase 31,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:21
Last Modified: 03 Jul 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item