Pembinaan Karakter Religius Santri Melalui Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Izzati, Shafa Zanuba Tasya Umul (2023) Pembinaan Karakter Religius Santri Melalui Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190255_Shafa Zanuba Tasya Umul Izzati_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hilangnya peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak, terutama terkait karakter religiusnya yang disebabkan oleh faktor kematian dan ekonomi keluarga. Oleh sebab itu, dengan ditempatkan anak tersebut di Panti Asuhan Griya Tahfidz ini diharapkan mereka mendapatkan kembali haknya untuk memperoleh kasih sayang, perhatian, perlindungan dan pendidikan dengan basis Islami melalui studi living Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan pada santri melalui studi living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, 2) menganalisis metode pembinaan karakter religius santri melalui studi living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, dan 3) menganalisis hasil dari pembinaan karakter religius santri melalui studi living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan kepada para santri melalui studi living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun meliputi, nilai akidah terkait beriman kepada Allah, beriman kepada para malaikat, beriman kepada kitab-kitab, beriman kepada para rasul, beriman kepada hari akhir, dan beriman kepada qada dan qadar; nilai syariah terkait dengan ibadah maḥḍah (salat dan puasa) dan ibadah ghayru maḥḍah (hubungan antara sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya); dan nilai akhlak terkait dengan akhlak terpuji. 2) Metode pembinaan karakter religius santri melalui studi living Qur’an yang diterapkan di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun antara lain: metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian/pengawasan, dan hukuman. 3) Hasil pembinaan karakter religius santri melalui studi living Qur’an di Panti Asuhan Griya Tahfidz Al-Barakah 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun berproses sesuai dengan yang telah diharapkan. Santri putra sudah menunjukkan perubahan secara bertahap, sedangkan santri putri sudah menunjukkan perubahan yang cukup pesat. Berikut ini bentuk manifestasi dari nilai-nilai karakter religius yang dapat dilihat melalui sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh santri dalam kehidupan sehari-harinya, antara lain: amanah, beriman dan bertakwa, bertanggung jawab, jujur, pemaaf, sabar, dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:19
Last Modified: 27 Jun 2023 09:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25217

Actions (login required)

View Item View Item