Adaptasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Hubungannya Dengan Pendidikan Agama Islam

Hakim, Fatriani Nur (2023) Adaptasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Hubungannya Dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210316257_Fatriani Nur Hakim_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran sebagai proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Oleh karena itu mind mapping dapat di terapkan dalam berbagai aspek pendidikan sebagai suatu metode.
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui mind mapping dalam dunia pendidikan serta mengetahui hubungan mind mapping dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode literature review, data yang diteliti adalah jurnal-jurnal yang telah diterbitkan dalam jurnal internasional diantaranya dari Google Scholar, Taylor & Francis, dan Elsevier. Data yang diperoleh diteliti dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan analisis isi.
Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa adaptasi mind mapping dapat diterapkan melalui tradisional maupun teknologi aplikasi animasi. Mind mapping dalam segi pendidikan dan manfaat dalam dunia pendidikan sebagai penunjang kreatifitas, inovatif dan keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran dan pengajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana mind mapping dalam dunia pendidikan? Dan 2) Bagaimana hubungan mind mapping dengan pendidikan agama Islam. Peneliti menyimpulkan bahwa mind mapping dalam dunia pendidikan dapat membuat siswa aktif dan kritis dalam melakukan model tersebut. Selanjutnya relevansinya dengan pendidikan agama Islam yaitu mind mapping dapat digunakan sebagai pembelajaran dan pengajaran meliputi aspek-aspek pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:41
Last Modified: 27 Jun 2023 00:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25206

Actions (login required)

View Item View Item