Identifikasi Kecemasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo

Sapitri, Alyovi Alisaroh Sapitri (2023) Identifikasi Kecemasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Alyovi Alisaroh Sapitri_203190006_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sapitri, Alyovi Alisaroh. 2023 Identifikasi Kecemasan
Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia M. Si.
Kata Kunci: Kecemasan belajar, pembelajaran, matematika, siswa.
Kecemasan belajar adalah kondisi individu merasa takut dan sulit konsentrasi menghadapi hal-hal yang kemungkinan akan terjadi . Rasa cemas dapat disebabkan oleh proses belajar dalam suatu pelajaran, salah satunya matematika. Matematika sendiri adalah ilmu yang bersifat menyeluruh dan pasti. Keberadaan pelajaran matematika kerap menjadi momok dan ditakuti siswa ketika proses pembelajaran. Rasa takut, khawatir, tidak percaya diri, menyebabkan kecemasan belajar dalam pelajaran matematika. Kecemasan belajar jika dibiarkan akan berpengaruh pada prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kategori kecemasan belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas 4 MIN 7 Ponorogo. (2) Faktor yang menyebabkan kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kecemasan belajar dalam pembelajaran matematika.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif, dengan bentuk desain naturalistik berjenis deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan dua sumber yaitu data primer berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berupa, pengisian angket tes kecemasan belajar, buku, jurnal, dan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa, wali kelas, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan data.
Bersadarkan hasil analisis data ditemukan (1) Kategori kecemasan dalam penelitian ini terdapat tiga kategori, ansietas ringan berkeringat, ansietas sedang mengalami kenaikan suhu, berkeringat, cemas dalam kondisi tertentu, dan ansietas berat selalu merasa pusing, cemas, takut, khawatir ketika proses pembelajaran matematika. (2) Faktor yang menyebabkan kecemasan belajar ada dua yaitu faktor iternal dan faktor eksternal. Faktor internal intergritas, minat siswa, kesehatan siswa, dan kesiapan belajar, Faktor Eksternal pola asuh orang tua, kurangnya sarana prasarana sekolah, interaksi di kelas (hubungan antar individu), dan perubahan kurikulum (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika, menciptakan hubungan baik antara siswa dan orang tua, tidak menuntut anak, manajemen kelas, menciptakan suasana kelas yang nyaman, penambahan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. dan kerja sama orang tua dan lembaga pendidikan dalam pengasuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:40
Last Modified: 27 Jun 2023 00:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25203

Actions (login required)

View Item View Item