Upaya guru al-qur'an hadist dalam mengatasi kesulitan membaca kelas vii mts darul huda mayak tonatan ponorogo

Rahmawati, Anisa Ilma (2023) Upaya guru al-qur'an hadist dalam mengatasi kesulitan membaca kelas vii mts darul huda mayak tonatan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190027_ANISA ILMA RAHMAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadist untuk mengatasi kesulitan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur'an termasuk mencari cara yang paling sesuai untuk mengajarkan kitab suci tersebut kepada siswa-siswa. Oleh karena itu, cara yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an adalah dengan menggunakan metode Yanbu’a dan penerapan metode tersebut dilihat dari kemapuan siswa.Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merasa perlu meneliti apa saja upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur‘an.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui : (1) strategi Guru Al-Qur’an Hadis untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Putri Mayak, Tonatan, Ponorogo. (2) metode Guru Al-Qur’an Hadis untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Putri Mayak, Tonatan, Ponorogo.(3) media Guru Al-Qur’an Hadis untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Putri Mayak, Tonatan, Ponorogo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, Semua data atau informasi dalam penelitian ini diperoleh dari para informan yang dianggap paling mengetahui secara jelas dan rinci mengenai fokus penelitian yang diteliti. Untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian: (1)strategi guru Al-Qur’an hadist dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an: Strategi yang digunakan dengan menggunakan pembelajaran afektif yang mana lebih menekankan kepada kesadaran siswa yang tumbuh dari dalam dirinya tentang pentingnya belajar Al-Qur’an dan pembiasaan membaca Al-Qur’an berupa latihan-latihan, strategi dalam sebuah pembelajaran sangat penting, sebab tanpa strategi suatu pembelajaran tidak akan tercapai sebuah tujuan dari hasil pembelajaran. (2) metode guru Al-Qur’an hadist dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an: menggunakan metode yang tepat dan benar, yakni dengan menggunakan metode Yambu’a, dan Penerapan metode ini dapat dilihat dari kemampuan siswa tersebut, siswa yang masih dibawah rata-rata menggunakan metode meniru atau mempraktekkan dan untuk siswa yang sudah mencapai tingkat Al-Qur’an menggunakan metode sorogan. (3) media guru Al-Qur’an hadist dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an: media yang digunakan yakni mengunakan media cetak berupa buku metode Yanbu’a dan buku panduan tajwid.
Kata kunci : strategi guru,metode pembelajaran, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:44
Last Modified: 26 Jun 2023 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item View Item