Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)terhadap Siswa Disabilitas di SMPN 1 Mlarak Ponorogo

Purwati, Endang (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)terhadap Siswa Disabilitas di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190353_ENDANG PURWATI_PAI.pdf

Download (740kB)

Abstract

Purwati, Endang. 2023. Strategi Pembelajaran Terhadap Siswa Disabilitas di SMPN 1 Mlarak, Ponorogo pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd.

Kata kunci: Strategi pembelajaran, siswa disabilitas, Pendidikan Agama Islam

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan bahwa layanan pendidikan yang setara bagi seluruh warga negara termasuk bagi penyandang disabilitas. Sehingga dibutuhkan pendidikan inkusif untuk mencegah diskriminasi dan membangun masyarakat yang toleran. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran terhadap siswa disabilitas.
Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud melihat praktik strategi pembelajaran bagi siswa disabilitas di SMPN 1 Mlarak, Ponorogo. Kajian dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran yang berkaitan dengan pembangunan karakter siswa. Tujuan penelitian ini selain melihat terfokus pada strategi pembelajaran juga pada faktor pendukung dan faktor menghambat dalam serta untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa disabilitas.
Untuk mencapai tujuan penelitian, maka digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode tersebut bertujuan mendeskripsikan data yang bersifat kualitatif dengan interpretasi yang sistematis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan SMPN 1 Mlarak, Ponorogo telah melakukan strategi pembelajaran yang interaktif terhadap siswa disabilitas. Tindakan tersebut dapat ditunjukkan dari sikap guru yang menciptakan situasi di kelas tanpa memandang kondisi siswa serta perlakuan yang adil. Di samping itu, guru juga telah penggunaan modul dan bahan ajar yang menyenangkan dan mengakomodasi kondisi siswa, sehingga dapat menjadi faktor pendukung terhadap siswa disabilitas. Sedangkan faktor penghambat yang terjadi adalah kurangnya fasilitas yang mengakomodasi terhadap siswa tersebut. Namun faktor tersebut tidak menghambat siswa disabilitas dalam pembelajaran, sehingga siswa tersebut memiliki kemampuan hasil belajar layaknya siswa non-disabilitas lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:24
Last Modified: 26 Jun 2023 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25179

Actions (login required)

View Item View Item