Studi Komparasi Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo Antara Yang Menggunakan Strategi Outdoor Dan lndoor Learning Tahun Ajaran 2022/2023

Feranita, Egidhea Safira Viana (2023) Studi Komparasi Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo Antara Yang Menggunakan Strategi Outdoor Dan lndoor Learning Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190036_Egidhea Safira Viana Feranita_Pgmi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nita, Egidhea Safira Viana Fera. 2023. Studi Komparasi Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo Antara Yang Menggunakan Strategi Outdoor dan Indoor Learning Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi: Anis Afifah, M. Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran outdoor learning, indoor, dan minat belajar IPA
Minat merupakan perasaan suka dan perasan tertarik pada suatu hal atau kegiatan, tanpa ada yang menyuruh. Dan penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat akan berdampak pada kurang optimalnya pencapaian minat belajar siswa. Kegiatan pembelajaran yang efektif terutama pembelajaran yang interaktif dan tidak monoton memiliki potensi dalam meningkatkan minat belajar siswa dan nantinya dari peningkatan minat tersebut terdapat perbedaan terhadap minat belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan strategi outdoor learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 4 Ponorogo, (2) mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan strategi indoor learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 4 Ponorogo, (3) apakah ada perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan strategi outdoor dan indoor learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 4 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi exsperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah posstest-only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di MIN 4 Ponorogo berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A (kelas eksperimen) berjumlah 19 siswa dan kelas IV B (kelas kotrol) berjumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobality sampling. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t (independent sampel t-test).
Hasil penelitian ini yakni (1) minat belajar siswa yang menggunakan strategi outdoor learning lebih baik daripada yang menggunakan strategi indoor learning hal ini dibuktikan dari faktor pendukung dari pembelajaran tersebut faktor pendukung melainkan dari alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media dan bahan mengajar, alam sebagai objek pembelajaran dan siswa terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Faktor penghambatnya pembelajaran ini guru susah mengatur siswa yang banyak, guru lebih intensif dalam membimbing, (2) minat belajar siswa dengan strategi indoor learning juga memiliki faktor pendukung dari pengelolan kelas yang efektif, penataan tempat duduk yang sesuai dengan materi pelajaran, Faktor penghambat sistem pembelajaran yang terlalu tegang, sifat guru yang monoton, suasana kelas yang kurang nyaman, (3) terdapat perbedaan signifikan antara strategi outdoor learning dan indoor learning terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN 4 Ponorogo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan signifikasi Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Karena signifikasi 0,000 (< 0,05), dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hoipotesis alternatif diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan strategi outdoor learning terhadap minat belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:12
Last Modified: 26 Jun 2023 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item