Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII SMA/SMK dalam Mencegah Perekelahian Pelajar

Rostantie, Triana (2023) Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII SMA/SMK dalam Mencegah Perekelahian Pelajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190282_TRIANA ROSTANTIE_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rostantie, Triana. 2023. Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII SMA/SMK dalam Mencegah Perkelahian Pelajar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lia Amalia, M.Si.

Kata Kunci : Perkelahian Pelajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Maraknya kasus perkelahian pelajar kebanyakan disebabkan oleh kenakalan remaja, yang tidak bisa mengontrol emosinya, remaja yang tidak mampu mengatasi permasalahan, serta pergaulan remaja yang kurang baik. Upaya yang dapat dilakukan adalah menanamkan nilai-nilai karakteristik dengan menganalisis buku pelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini terfokus pada: 1) Apa materi pokok yang ada dalam buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X, XI, XII SMA/SMK yang mengandung nilai-nilai pencegahan perkelahian pelajar, 2) Bagaimana relevansi materi pokok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan perkelahian pelajar.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mempelajari materi pokok yang mengandung nilai-nilai pencegahan perkelahian pada buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII tingkat SMA/SMK, 2) Untuk mempelajari relevansi antara materi pokok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII tingkat SMA/SMK dengan pencegahan perkelahian pelajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen yaitu buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII tingkat SMA/SMK. Teknik analisis data dilakukan dengan metode content analysis yang dilakukan dengan membuat kesimpulan ilmiah dan diidentifikasi secara sistematis dari karakteristik tulisan.
Hasil penelitian ini adalah; materi pokok dalam buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMA/SMK terbitan Kemendikbud tercatat sebagian besar materinya mengandung nilai-nilai pencegahan perkelahian sebanyak 20 bab dari total 31 bab. Rinciannya sebagai berikut: kelas X (7 bab dari total 10 bab), kelas XI (6 bab dari total 10 bab), dan kelas XII (7 bab dari total 11 bab). Hal ini menandakan adanya upaya dalam mencegah perkelahian pelajar. Terlebih ada satu bab tertentu yang membahas tentang perilaku perkelahian di kelas XI.
Relevansi materi pokok pada buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan perkelahian pelajar adalah dengan menerapkan perilaku mulia pada setiap materi, berikut penjelasannya: kelas X (mempelajari tauhid dan hablun minAllah, akhlakul karimah dan hablun minannas serta menerapkannya dalam setiap segi kehidupan), kelas XI (membiasakan berpikir kritis memotivasi untuk hidup mulia sebagai manusia dengan menjalankan toleransi dengan tetap menjaga iman, Islam dan ihsan. Kelas XII (memaksimalkan potensi dalam diri untuk menjadi hamba Allah yang terbaik dengan ikhlas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:10
Last Modified: 26 Jun 2023 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item View Item