Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Kefasihan Membaca Al-Qur'an Siswa Di MTs Miftahussalam Kambeng

Ardianti, Aprilia (2023) Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Kefasihan Membaca Al-Qur'an Siswa Di MTs Miftahussalam Kambeng. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190031_APRILIA ARDIANTI_PAI A.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Ardianti, Aprilia. 2023. Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Miftahussalam Kambeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: Implementasi, Metode Ummi, Kefasihan Membaca Al-Qur’an

Upaya untuk membentuk kefasihan membaca Al-Qur’an di MTs Miftahussalam banyak dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran Al-Qur’an, salah satu diantaranya ialah Metode Ummi. Metode ini berhasil memikat banyak lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal. Metode Ummi juga berkomitmen untuk menuntaskan masalah kurang fasih membaca Al-Qur’an. Materi tajwid dan makharijul huruf menjadi salah satu pokok pembelajaran metode Ummi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Implementasi metode Ummi dalam membentuk kefasihan membaca Al-Qur’an siswa; (2) Faktor pendukung dan penghambat metode Ummi; (3) Dampak metode Ummi dalam membentuk kefasihan membaca Al-Qur’an siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian berasal dari MTs Miftahussalam Kambeng adalah Kepala Sekolah, Guru Ummi, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pelaksanaan pembelajaran metode Ummi telah terlaksana dengan baik dan lancar. Metode Ummi ada patokan per kelompok tidak boleh lebih dari 15 memiliki tahap pembelajaran antaranya; pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan penutup. Setiap semester ada pemantauan dari Ummi Foundation. 2) Faktor Pendukung metode Ummi: Latar belakang siswa yang dari MI rata-rata sudah berjalan siswa membaca Al-Qur’annya dengan baik, Sertifikasi guru Ummi dari guru madrasah sendiri. Faktor Penghambat metode Ummi: Dari anak didik sendiri yang tidak tertib dalam mengikuti pembelajaran Ummi, Sarana prasarana yang belum begitu lengkap umpama ruang kelas yang masih kurang untuk membagi 15 anak perkelasnya. 3) Dampak metode Ummi dalam membentuk kefasihan, yakni pendidik memberikan metode Ummi kepada siswanya yang bertujuan agar siswa terbiasa dan menghargai waktu, selain itu agar siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih seperti yang diharapkan dari guru-guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:08
Last Modified: 26 Jun 2023 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item