Penerapan Program Bina Nafsiyah untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Al- Kautsar Durisawo Ponorogo

Titasari, Seffiana (2023) Penerapan Program Bina Nafsiyah untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Al- Kautsar Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Titasari, Seffiana. 2023. Penerapan Program Bina Nafsiyah Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: M. Fathurahman, M. Pd. I.
Kata Kunci: Penerapan, Bina Nafsiyah, pembentukan karakter religius
Penanaman karakter religius untuk anak usia SD/ MI sangat penting dalam kurikulum 2013 diarahkan pada aspek sikap spiritual yang dipahami sebagai cara pandang tentang hakikat diri serta menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Sedangkan program Bina Nafsiyah dapat membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan keagamaan agar siswa memiliki perilaku yang sesuai dengan agama Islam yang berlandasan Al-Qur’an dan hadist. Supaya tujuan penanaman karakter religius dalam pendidikan anak usia SD/ MI tercapai dengan optimal maka perlu diterapkannya program keagamaan secara rutin dan berkesinambungan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya penerapan program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa. (2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi program Bina Nafsiyah dalam membentuk karakter religius.
Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) ada beberapa upaya dalam menerapkan program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo antara lain adalah: selalu komitmen, menjalin komunikasi yang baik, dan kerjasama serta konsistensi guru, orang tua memberikan motivasi dan pembiasaan-pembiasaan di rumah. (2) Hasil dari pembiasaan dalam program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa dibuktikan dengan perilaku siswa seperti (a) siswa terbiasa mengucapkan salam saat bertemu orang lain, (b) selalu berjabat tangan dengan tangan dua dan mencium ketika bertemu guru/ Ustadzah, orang yang lebih tua, orang tua, (c) ketika berjalan di depan orang yang lebih tua menundukkan badan, (d) terbiasa membaca do’a setiap akan melakukan dan selesai kegiatan, (e) hormat kepada guru atau Ustadzah, (f) siswa lebih mandiri, (g) siswa tertib melaksanakan sholat lima waktu dengan berjamaah) siswa memiliki rasa empati, (i) rasa simpati kepada sesama teman lebih tinggi, (j) selalu membaca Al-Qur’an, menghafal dan muraja’a di rumah (k) tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif dari luar dan sebagainya. (3) faktor pendukung dalam menerapkan program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa adalah: (a) dari manajemen sekolah itu sangat berperan penting untuk memperlancar pembentukan karakter religius siswa, (b) kepala sekolah dan guru kegiatan yang mengampu program Bina Nafsiyah dan menjadi teladan atau contoh yang baik untuk siswa, (c) guru juga harus sering berinteraksi dengan siswa agar dapat memahami karakter setiap siswa, (d) dukungan dari orang tua, serta lingkungan sekitar. Selain itu faktor penghambat dalam menerapkan program Bina Nafsiyah untuk membentuk karakter religius siswa adalah bahwa lingkungan orang tua yang belum memiliki visi dan misi yang sama dengan pihak sekolah, dan seorang guru yang kurang teliti atau kurang bisa dipahami pembiasaannya oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:48
Last Modified: 26 Jun 2023 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25168

Actions (login required)

View Item View Item