Partisipasi Remaja Masjid Roudlotul Ulum dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial di Desa Sukosari Kauman Ponorogo

Rohmah, Laila Badriyatur (2023) Partisipasi Remaja Masjid Roudlotul Ulum dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial di Desa Sukosari Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190123_LAILA BADRIYATUR ROHMAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohmah, Laila Badriyatur. 2023. Partisipasi Remaja Masjid Roudlotul Ulum Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Anak dan Remaja Di Desa Sukosari Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dedi Hasnawan, M. Pd.

Kata Kunci: Partisipasi, remaja masjid, Karakter peduli sosial.

Remaja masjid merupakan salah satu aspek yang memiliki pengaruh cukup besar dalam penanaman karakter kepedulian sosial pada anak di lingkungan masyarakat. Pada saat ini, sikap peduli sosial terhadap sesama mulai memudar, seperti perkelahian antar teman, kurangnya kepedulian untuk membantu teman, kurang peduli dalam tolong-menolong serta anak dan remaja lebih suka untuk nongkrong daripada bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini menggambarkan bahwa karakter peduli sosial merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk ditanamkan dalam diri anak dan remaja agar mereka mampu menjalani kehidupan sosial di masyarakat dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk partisipasi remaja masjid dalam mengembangkan karakter peduli sosial anak dan remaja; (2) faktor pendukung dan penghambat remaja masjid dalam mengembangkan karakter peduli sosial.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik interaktif Miles Huberman dan Saldana yang tahapannya yaitu pengumpulan data, reduksi dan kategorisasi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini adalah (1) Bentuk Partisipasi yang dilakukan remaja masjid dalam mengembangkan karakter peduli sosial yaitu sebagai berikut. (a) Partisipasi Ide, seperti Sholawatan rutin, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), acara 17 agustus, dan Jimpitan. Kegiatan ini merupakan aksi sosial dan mampu membangun kerukunan; (b) Partisipasi Tenaga seperti, Donor darah, mengajar TPQ, kerja bakti dan bakti sosial. Kegiatan ini termasuk dalam bentuk kepedulian sosial berupa empati kepada sesama dan juga aksi sosial; (c) Partisipasi Harta Benda, yaitu arisan rutin dan makan bersama (mayoran). Kegiatan-kegiatan ini juga merupakan bentuk aksi sosial yang dilakukan oleh remaja masjid dan juga sebagai bentuk kerukunan terhadap sesama. (2) Adapun faktor penghambatnya yaitu terdapat beberapa remaja masjid yang kurang antusias mengikuti kegiatan yang diadakan dan ada juga beberapa masyarakat yang kurang mendukung kegiatan yang diadakan oleh remaja masjid. Kemudian faktor pendukungnya yaitu mendapat dukungan penuh dari takmir masjid dan juga para jamaah serta anak dan remaja juga sangat antusias untuk ikut kegiatan remaja masjid karena mereka merasa bisa memanfaatkan waktu luang mereka dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:03
Last Modified: 26 Jun 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25166

Actions (login required)

View Item View Item