Pesan moral dalam film "little mom"(analisis semiotika roland barthes)

khanafi, imam (2023) Pesan moral dalam film "little mom"(analisis semiotika roland barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI IMAM KHANAFI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Imam Khanafi, 2023, Pesan Moral Dalam Film Little Mom, Skripsi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Galih Akbar Prabowo, S.Sos. M.A.
Kata Kunci : Pesan Moral, Film, Semiotika Roland Barthes
Film Little Mom merupakan film yang mengangkat tema tentang pergaulan remaja.Film ini menarik untuk diteliti, karena mengangkat realitas permasalahan remaja Indonesia.Pergaulan remaja banyak menimbulkan dampak positif dan juga dampak negative. Dalam Film Little Mom ini memberikan gambaran dampak negative dari pergaulanremaja yaitu seks diluar nikah.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagiamana makna denotasi, konotasi dan mitos. 2)Bagaimana makna Pesan Moral dalam film Little Mom. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui makna Denotasi, Konotasi dan Mitos.2) Untuk mendeskripsikan pesan moral yang terdapat dalam film Little Mom.
Metode penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mendefinisikan analisis semiotika sebagai suatu hubungan antara tanda atau symbol, objek dan makna. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu: observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian (1) Adapun makna denotasi (makna sebenarnya)pada film little mom adalah segala permasalahan Naura dan Yuda hadapi setelah mereka melakukan perbuatan dewasa. Makna konotasi (makna tidak sebenarnya) maksud dari perjuangan Naura dan Yuda dalam menyelesaikan masalahnya yaitu hamil diluar nikah yang melibatkan keluarganya dan teman-temanya. Mitos (pesan yang menggambarkan sosial budaya) yang berisi tentang larangan perempuan dan laki-laki berduaan apalagi berada dalam satu kamar, persahabatan yang kacau setelah apa yang dilakukan Naura dan Yuda. (2) pesan moral yang bisa diambil dari film ini adalah moral pribadi, moral keluarga, dan moral beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:02
Last Modified: 26 Jun 2023 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item