Nilai Moderasi Beragama Dan Multikultural Pada QS. Al-Hujurat Ayat 13 Dalam Tafsir Al-Mishbah

Gandini, Intan (2023) Nilai Moderasi Beragama Dan Multikultural Pada QS. Al-Hujurat Ayat 13 Dalam Tafsir Al-Mishbah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190109_INTAN GANDINI_PAI..pdf

Download (1MB)

Abstract

Gandini, Intan. 2023. Nilai Moderasi Beragama dan Multikultural pada QS. Al-Hujurat Ayat 13 dalam Tafsir Al-Mishbah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Moderasi Beragama, Multikultural, QS. Al-Hujurat Ayat 13, Tafsir Al-Mishbah.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah fenomena yang menunjukkan bahwa Islam memiliki banyak wajah. Ada berbagai kelompok Islam, masing-masing dengan praktik keagamaannya sendiri. Moderasi beragama hadir dalam menyikapi perbedaan dalam segala bentuk multikultural yaitu suku, adat, ras, bangsa, dan agama itu sendiri. Maka sangat diperlukan memahami ajaran islam lebih dalam agar kembali pada sumber utama ajaran agama Islam yakni al-Qur’an. Ayat al-Qur’an yang digunakan penulis untuk mengkaji penelitian ini adalah QS. Al-Hujurat ayat 13 karena ayat ini terdapat nilai moderasi dan multikultural. Tafsir yang dikaji adalah Tafsir Al-Mishbah karya Quraish Shihab. Karena pemahaman Tafsir ini diperuntukan untuk golongan tingkat akademisi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis tafsir QS. Al-Hujurat ayat 13 dalam Tafsir Al-Mishbah; (2) untuk menjelaskan dan menganalisis nilai moderasi beragama dan multikultural pada QS. Al-Hujurat ayat 13 dalam Tafsir Al-Mishbah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan sumber data utamanya berupa buku. Dalam penelitian ini, data primer yang menjadi sumber utama adalah Tafsir Al-Mishbah karya Quraish Shihab, sedangkan sumber data sekunder berupa buku pendukung yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil keseluruhan penelitian ini adalah: (1) Tafsir QS. Al-Hujurat ayat 13 dalam Tafsir Al-Mishbah yang mengandunag penjelasan mengenai hakikat utama pergaulan sosial manusia adalah setara yang menekankan pada asal-usul manusia untuk menggarisbawahi persamaan segala bentuk multikultural dari perbedaan bangsa, etnis, ras, dan gender; (2) Nilai moderasi beragama dan multikultural pada QS. Al-Hujurat ayat 13 dalam Tafsir Al-Mishbah adalah: a. Nilai moderasi yaitu tawa>zun, tasa>muh, musa>wah, tat}a>wur wal ibtika>r, dan taha>dhdhur; b. Multikultural yaitu gender, ras, dan kelas sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:00
Last Modified: 26 Jun 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item