Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Belajar Melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IX di SMPN 1 Mlarak Ponorogo

Nurirrohmah, Miftahul Fithri (2023) Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Belajar Melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IX di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190027_MIFTAHUL FITHRI N_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurirrohmah, Miftahul Fithri. 2023. Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IX di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru, Karakter Mandiri, Pembelajaran IPS
Karakter mandiri merupakan sebuah sikap yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang bermanfaat bagi setiap individu sebagai bekal di masa depan. SMPN 1 Mlarak Ponorogo merupakan sebuah sekolah yang menekankan pendidikan karakter kepada peserta didik. Namun faktanya terdapat indikasi yang menandakan bahwa karakter mandiri siswa masih rendah, siswa masih belum menyadari kewajibannya sebagai pelajar dan bertanggung jawab atas dirinya. Maka dari itu untuk membentuk karakter mandiri siswa diperlukan upaya guru, salah satunya yaitu upaya guru dalam membentuk karakter mandiri siswa melalui pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru membentuk kemampuan diri siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dari upaya guru dalam membentuk karakter mandiri melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak. 3) Untuk mendeskripsikan implikasi dari upaya guru dalam membentuk karakter mandiri melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru IPS, dan siswa kelas IX SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Data dalam penelitian ini adalah data verbal, yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep dari Miles, Huberman dan Saldana, meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta pengamatan secara tekun.
Hasil peneitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam membentuk kemampuan diri siswa dalam menyelesaikan tugas melalui pembelajaran IPS pada kelas IX di SMPN 1 Mlarak dengan menumbuhkan kesadaran siswa akan kewajibannya sebagai pelajar yaitu dengan pembiasaan mempelajari materi sebelum pembelajaran, membentuk kepercayaan diri siswa melalui penugasan, menghubungkan materi IPS dengan karakter mandiri, pemberian tugas sesuai potensi siswa, serta dengan memberikan motivasi atau apresiasi. 2) Faktor penghambat upaya guru dalam membentuk karakter mandiri siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak melalui pembelajaran IPS di antaranya: faktor internal siswa, faktor keluarga, dan faktor lingkungan pertemanan siswa. 3) Implikasi dari upaya guru membentuk karakter mandiri siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak melalui pembelajaran IPS berdampak positif sesuai dengan indikator karakter mandiri yang tercermin dari bagaimana siswa percaya diri, berani berpendapat, dan dapat menyelesaikan tugasnya, menunjukkan bahwa siswa menyadari kewajibannya dan dapat bertanggung jawab atas dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:58
Last Modified: 26 Jun 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25161

Actions (login required)

View Item View Item