(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..SILAKAN UPLOAD ULANG).. Fenomena Siklus Hidrologi Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Materi Pembelajaran Geografi Kelas X MA/SMA Sederajat

Aisy, Hasna Dila Rihadatul (2023) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..SILAKAN UPLOAD ULANG).. Fenomena Siklus Hidrologi Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Materi Pembelajaran Geografi Kelas X MA/SMA Sederajat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FIKS HASNA DILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aisy, Hasna Dila Rihadatul. 2023. Fenomena Siklus Hidrologi Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Geografi Kelas X MA/SMA Sederajat. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Siklus Hidrologi, Tafsir Al-Mishbah, Pembelajaran Geografi.
Al-Qur’an yang terdiri atas ribuan ayatnya tidak hanya membahas mengenai akidah dan syari’at, namun ayat-ayat al-Qur’an juga membahas mengenai seluruh aspek kehidupan. Salah satunya adalah penjelasan mengenai siklus hidrologi. Salah seorang tokoh ilmuwan muslim Indonesia yang berfokus dalam bidang Tafsir al-Qur’an yaitu Muhammad Quraish Shihab, telah menciptakan sebuah karya tulis tafsir al-Qur’an yang diberi nama Tafsir Al-Mishbah karena beliau merasa prihatin dengan kondisi masyarakat muslim yang dewasa ini banyak menjadikan al-Qur’an hanya sebagai bacaan seolah-olah al-Qur’an diturunkan hanya untuk dinikmati dari segi bacaannya saja, termasuk hanya memahami siklus hidrlogi hanya dari sudut pandang ilmuwan modern, padahal siklus hidrologi telah jauh lebih dulu dijelaskan oleh Allah dalam al-Qur’an.
Fenomena tersebut, terjadi karena kurangnya pemahaman yang lebih mendalam mengenai suatu hal dari sudut pandang Islam. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana relevansi dan kesesuaian teori siklus hidrologi yang dikemukakan oleh para ahli sains dan geografi dalam materi ajar geografi kelas X MA/SMA dengan penjelasan siklus hidrologi menurut pandangan Islam yang dijelaskan dalam al-Qur’an melalui ayat-ayatnya menggunakan tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penjelasan mengenai siklus hidrologi dalam pembelajaran geografi kelas X MA/SMA sederajat dari sudut pandang Islam.
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseacrh) yakni penelitian yang hampir semua penelitiannya dilakukan di perpustakaan. Penelitian jenis ini berhubungan dengan studi pustaka yang memerlukan banyak informasi dan penelitian terdahulu. Peneliti mempunyai kemungkinan untuk mendapatkan hal baru dari penulusuran pustaka tersebut yang belum pernah diungkapkan oleh peneliti yang terdahulu. Bahan pustaka digunakan untuk menggali pemikiran atau gagasan baru sebagai bahan dasar untuk melakukan dedukasi dari pengetahuan yang telah ada
Dari hasil analisis ditemukan bahwa 1) Ditemukan fenomena siklus hidrologi telah dijelaskan dalam sembilan surat dalam al-Qur’an melalui ayat-ayatnya, 2) Penjelasan siklus hidrologi yang terdapat dalam ayat-ayat al-Qur’an memiliki relevansi dengan penjelasan siklus hidrologi dalam pembelajaran geografi kelas X MA/SMA yaitu terjadinya evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi/perkolasi dan surface run off.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:54
Last Modified: 26 Jun 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25156

Actions (login required)

View Item View Item