(KEDESIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, SILAKAN UPLAOD ULANGA).. Implementasi kurikulum merdeka belajar di sma negeri 1 jenangan ta/tp 2022/2023

CAFSOH, LALA COFSRULNADA (2023) (KEDESIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, SILAKAN UPLAOD ULANGA).. Implementasi kurikulum merdeka belajar di sma negeri 1 jenangan ta/tp 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190096_LALA COFSRULNADA CAFSOH_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cafsoh, Lala Cofsrulnada, 2023. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Serta memberikan peluang bagi guru dan peserta didik bebas berkreasi, berinovasi, dan belajar mandiri agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Setiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menanggapi kurikulum merdeka, salah satunya SMA Negeri 1 Jenangan yang sudah berhasil mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk menjelaskan strategi penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Jenangan, (2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Jenangan, (3) Untuk menjelaskan dampak penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 jenangan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menerapkan jenis penelitian studi kasus, sedangkan teknis pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknis analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Jenangan, a) mengadakan kegiatan workshop in house training, b) mengadakan workshop dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, c) serta pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), (2) Faktor pendukungnya meliputi adanya sumber daya manusia (SDM) serta akses digital yang mendukung dan faktor penghambatnya ada dari faktor internal berasal dari motivasi, dan sikap siswa, dan berasal dari fasilitas sekolah, sedangkan faktor eksternal berasal dari dukungan orang tua. (3) Dampak untuk para pendidik baik itu kepala sekolah dan guru meliputi adanya inovasi, interaksi dua arah sehingga akan memunculkan sikap ma uterus belajar, dan mencari ide-ide kreatif dan dampak bagi peserta didik menjadi fokus terhadap perolehan mata pelajaran yang telah diterima dan diminati sehingga menimbulkan hal yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WILIS WERDININGSIH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:50
Last Modified: 26 Jun 2023 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25152

Actions (login required)

View Item View Item