Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo

Ningsih, Putri Lestari (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190161_Putri Lestari Ningsih_MPI.pdf

Download (952kB)

Abstract

Keberhasilan tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme didalam melaksanakan tugas-tugasnya akan sangat ditentukan oleh strategi kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu mengarahkan dan memberikan pengawasan kepada tenaga pendidik di dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki strategi dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Dengan adanya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme, tenaga pendidik akan professional didalam belajar mengajar disekolah.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Mengetahui dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik (2) Mengetahui dan menganalisis implikasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik (3) Mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMPN 4 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Millies, Huberman, dan Saldana dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo yaitu pertama, secara formal kepala sekolah melakukan diklat, workshop, pelatihan, seminar, supervisi, rapat dan studi lanjut sedangkan kedua secara informal kepala sekolah memberikan motivasi diri, kedisiplinan, reward dan punishment dan kemampuan manajerial kepala sekolah, akan mempengaruhi kinerja tenaga pendidik. (2) Implikasi strategi kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 4 Ponorogo ini bisa dilihat dari output dan outcomenya. Output strategi kepala sekolah berupa tenaga pendidik bisa menerapkan semua ilmu yang didapatkan ketika pelatihan dan meningkatnya prestasi peserta didik. Sedangkan peserta didik akan berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Jika dilihat dari outcome nya warga sekolah mempunyai rasa tanggung jawab dan kepedulian yang sangat tinggi dan sekolah akan terakreditasi baik dan memiliki sumber daya yang maksimal. (3) Faktor pendukung meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMP Negeri 4 ponorogo dengan adanya tingkat pendidikan yang tinggi membuat tenga pendidik mudah untuk meningkatkan professional, memiliki rasa kepribadian dan dedikasi yang sehingga memiliki kemampuan megajar yang baik, memiliki rasa kedisiplinn yang tinggi dan sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:49
Last Modified: 23 Jun 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item