Pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman sebagai Media Pembelajaran Sejarah bagi Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan

Septiansi, Septiansi (2023) Pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman sebagai Media Pembelajaran Sejarah bagi Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190083_SEPTIANSI_TIPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Septiansi. 2023. Pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Bagi Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, M. Si.

Kata Kunci: Monumen Jenderal Sudirman, Media Pembelajaran, Ilmu Sejarah

Monumen Jenderal Sudirman adalah tempat wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Belajar sejarah bisa dilakukan secara langsung di tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Media pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan strategi dalam pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman sebagai media pembelajaran sejarah bagi siswa kelas VIII di Mts Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan dampak pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman sebagai media pembelajaran sejarah bagi siswa kelas VIII di Mts Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan.
Penelitian ini dirancang menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini dari siswa kelas VIII, guru IPS, dan Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah Pakis Baru Pacitan. Teknik analisis data peneliti menggunakan model analisis Miles dan Hubarman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) strategi guru dalam pemanfaatan Monumen Jenderal Sudirman sebagai media pembelajaran sejarah yaitu langkah pertama guru menyusun rancangan pembelajaran dan mempersiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah, langkah kedua guru melakukan pembelajaran di Monumen Jenderal Sudirman dengan mengajak siswa melihat dengan seksama gambar atau relief yang ada di Monumen Jenderal Sudirman kemudian guru memberikan penjelasan kepada siswa terkait dengan gambar tersebut, langkah ketiga guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari di monumen Jenderal Sudirman di kelas pada pertemuan berikutnya, dan langkah keempat guru melakukan evaluasi terhadap siswa. (2) beberapa dampak dari pemanfaatan adanya monumen Jenderal Sudirman sebagai media pembelajaran sejarah bagi siswa yaitu dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:50
Last Modified: 23 Jun 2023 08:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25147

Actions (login required)

View Item View Item