Relevansi nilai pendidikan islam dalam novel lentera senja karya ichsanudin al fikri terhadap materi pendidikan agama islam dan budi pekerti jenjang sma

Hanif, Muhammad Nur (2023) Relevansi nilai pendidikan islam dalam novel lentera senja karya ichsanudin al fikri terhadap materi pendidikan agama islam dan budi pekerti jenjang sma. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL LENTERA SENJA KARYA ICHSANUDIN AL FIKRI TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI JENJANG SMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menipisnya sikap religius yang diakibatkan oleh perkembangan zaman. Apabila permasalahan tersebut tidak segera ditangani maka degradasi sikap religius akan semakin menjamur di masyarakat. Perbaikan sikap religius dapat dilakukan dengan mengambil nilai pendidikan Islam dari sebuah novel. Novel yang diangkat dalam penelitian ini adalah novel Lentera Senja karya Ichsanudin Al Fikri.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Lentera Senja karya Ichsanudin Al Fikri dan menjelaskan relevansi pendidikan Islam pada novel Lentera Senja karya Ichsanudin Al Fikri terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMA kelas XI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang pada umumnya bersifat deskriptif dan menggunakan analisis untuk menemukan konsep, teori, bahkan filosofi yang berbasis pada data (grounded on data). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data primer berupa dialog antartokoh, narasi yang ditampilkan, tingkah laku dan tindakan yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Lentera Senja. Sumber data primer diperoleh dari novel Lentera Senja. Data sekunder berupa teori-teori yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data sekunder berupa literatur seperti buku materi Pendidikan Agama Islam jenjang SMA, jurnal, skripsi, tesis, desetasi, yang berkaitan dengan tema pokok bahasan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan Islam dalam novel Lentera Senja yang ditemukan ada tiga nilai pokok yaitu nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah. Nilai akidah terbagi menjadi iman kepada Allah, iman kepada kitab, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir (kiamat), dan iman kepada qada dan qadar (takdir). Nilai akhlak terbagi menjadi menghormati orang tua dan guru, berdoa, sabar, bersyukur, membaca Al-Qur’an, dan sikap amar ma’ruf nahi munkar. Nilai ibadah terbagi menjadi sholat, sedekah, dan pernikahan. Nilai pendidikan Islam dalam novel Lentera Senja yang memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang SMA kelas XI ada dua yaitu nilai akidah dan nilai akhlak. Nilai akidah terdiri dari iman kepada kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir (kiamat). Nilai akhlak terdiri dari membaca Al-Qur’an, sikap amar ma’ruf nahi munkar, serta menghormati orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:47
Last Modified: 23 Jun 2023 08:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item