Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi dan Motivasi terhadap Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023.

Yuni, Neng (2023) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi dan Motivasi terhadap Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI E-THESES_201190189_NENG YUNI..pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuni, Neng. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi dan Motivasi terhadap Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Media interaktif animasi, Motivasi, Minat Belajar sejarah kebudayaan Islam.

Minat belajar merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian, karena tanpa adanya minat belajar dari siswa, maka proses pembelajaran tidak akan berlangsung secara maksimal. Minat adalah modal awal untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dari data yang diperoleh menunjukkan 30 % siswa yang tidak minat dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Penelitian ini penting dilakukan karena dengan adanya minat belajar dapat menghasilkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik dan prestasi yang memuaskan.Penggunaan media interaktif animasi dan motivasi belajar adalah dua faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat belajar sejarah kebudayaan Islam.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan signifikansi pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023; (2) mendeskripsikan signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan signifikansi pengaruh media interaktif animasi dan motivasi terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun yang berjumlah 54 siswa dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah 54 responden. Adapun instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) media interaktif animasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023, dengan prosentase sebesar 8,9%. (2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023, dengan prosentase sebesar 9%. (3) media interaktif animasi dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan, Madiun tahun ajaran 2022/2023, dengan prosentase sebesar 15,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:30
Last Modified: 23 Jun 2023 06:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25145

Actions (login required)

View Item View Item