Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2 terhadap Karakter Anak MI Kelas 4 pada Pembelajaran PKn di MI Islamiyah 1 Majasem

Puspitasari, Niken Ayu (2023) Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2 terhadap Karakter Anak MI Kelas 4 pada Pembelajaran PKn di MI Islamiyah 1 Majasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180085_NIKEN AYU PUSPITASARI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Puspitasari, Niken Ayu. 2023, Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2 Terhadap Karakter Anak M Kelas 4 pada Pembelajaran PKn di MI Islamiyah 1 Majasem. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I.

Kata Kunci: Penerapan nilai Pancasila Sila Kedua, Karakter

Penelitian yang telah dilakukan di MI Islamiyah 1 Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi ini dilatar belakangi oleh terjadinya perkembangan zaman pada saat ini yang serba canggih dan akan dapat membawa dampak yang buruk bagi dunia pendidikan, khususnya di MI Islamiyah 1 Majasem. Sebagian besar siswa siswi terjerumus ke dalam hal-hal yang bersifat negatif. Saat ini banyak anak yang malas belajar dikarenakan kecanduan game online dan tik tok, bahkan ada juga anak yang keseharian akan dihabiskan di tempat free wifi dengan teman-teman sebayanya. Selain itu masih ada juga sikap kurang disiplin dalam melaksanakan kegiatan di sekolah, seperti halnya terlambat masuk sekolah, tidak melaksanakan piket harian, tidak menolong teman yang kesusahan, serta kurangnya sikap menghargai antara teman. Dari perkembangan zaman yang serba maju dan canggih ini maka perlu dilakukan penelitian yang mengkaji lebih dalam mengenai penerapan sila ke-2 Pancasila dalam membentuk karakter anak MI kelas IV.
Tujuan peneliti memilih MI Islamiyah 1 Majasem sebagai tempat untuk penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai pancasila sila ke-2 terhadap karakter anak MI kelas 4 di MI Islamiyah 1 Majasem. Serta bagaimana hasil yang di peroleh dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila sila ke-2 dalam membentuk karakter anak SD kelas 4 di MI Islamiyah 1 Majasem tersebut.
Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi tiga hal, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir mengambil kesimpulan.
Dari analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ke-2 terhadap karakter anak MI kelas 4 di MI Islamiyah 1 Majasem yaitu, selalu melaksankan do’a pagi, hafalan surah-surah pendek, dan hafalan asmaul husna di halaman madrasah, infa’ Jum’at, selalu memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib. (2) Hasil yang diperoleh yaitu, siswa menjadi lebih tertib dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurrahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:28
Last Modified: 22 Sep 2023 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item