...(GUNAKAN TTD ASLI/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Nilai Pendidikan Karakter Kreatif pada Film Taare Zameen Par dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar

'Ainurrohmah, Hilya Nur (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Nilai Pendidikan Karakter Kreatif pada Film Taare Zameen Par dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190052_HILYA NUR 'AINURROHMAH_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

‘Ainurrohmah, Hilya Nur. 2023. Nilai Pendidikan Karakter Kreatif pada Film Taare Zameen Par dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter Kreatif, Taare Zameen Par, SBdP di Sekolah Dasar.
Berdasarkan studi kasus, ditunjukkan bahwa 30% dari 20 siswa memiliki masalah dalam kreativitasnya. Kondisi tersebut memperlihatkan banyak anak yang masih rendah kreativitasnya. Hal tersebut diakibatkan karena guru hanya sebatas memberikan penjelasan dan tidak mengedepankan kreativitas. Guru dapat menggunakan media masa kini agar pembelajarannya tidak membosankan. Salah satunya menggunakan media film. Berdasarkan pengamatan awal dalam film Taare Zameen Par memuat nilai pendidikan karakter kreatif dan nilai keseniannya. Hal tersebut menjadi topik penelitian yang dilakukan peneliti.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter kreatif pada film Taare Zameen Par dan (2) mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter kreatif pada film Taare Zameen Par dengan materi SBdP di Kelas 3 Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan teknik analisis isi. Penelitian analisis isi adalah penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap catatan atau dokumen sebagai sumber data. Sumber data yang digunakan peneliti adalah film Taare Zameen Par. Film ini berasal dari India, disutradarai oleh Aamir Khan, dan dirilis pada 21 Desember 2007. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data literer, yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang memiliki relevansi terhadap objek pembahasan dalam penelitian yang sedang dikerjakan.
Berdasarkan analisis data dalam film Taare Zameen Par ditemukan hasil penelitian, (1) nilai pendidikan karakter kreatif dalam film Taare Zameen Par, yaitu memiliki rasa ingin tahu yang besar, menyukai tantangan, berpikir dari berbagai sudut pandang, optimis, dan fleksibel, (2) relevansi nilai pendidikan karakter kreatif pada film Taare Zameen Par dengan materi SBdP di kelas 3 Sekolah Dasar, sebagai berikut, (a) relevansi nilai pendidikan karakter kreatif berpikir dari berbagai sudut pandang dengan materi pola irama dalam lagu pada tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup), subtema 1 (Ciri-ciri Makhluk Hidup), pembelajaran 3 (materi Bernyanyi Bersama) dan materi gerak tari pada tema 5 (Cuaca), subtema 2 (Perubahan Cuaca), pembelajaran 3 (materi Menari Bersama Teman), (b) relevansi nilai pendidikan karakter kreatif fleksibel dengan materi karya dekoratif. Materi karya dekoratif terdapat pada semua tema (tema 1 sampai tema 8), subtema 3, (c) relevansi nilai pendidikan karakter kreatif memiliki rasa ingin tahu yang besar dengan materi teknik potong, lipat, dan sambung pada tema 2 (Menyayangi Tumbuhan dan Hewan), subtema 4 (Menyayangi Hewan), pembelajaran 3 (materi Karya dari Barang Bekas) serta pada tema 6 (Energi dan Perubahannya), subtema 4 (Penghematan Energi), pembelajaran 1 (materi Membuat Karya dengan Teknik sambung), (d) relevansi nilai pendidikan karakter kreatif menyukai tantangan dengan materi karya dekoratif. Materi karya dekoratif terdapat pada semua tema (tema 1 sampai tema 8), subtema 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:27
Last Modified: 23 Jun 2023 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item