Relevansi Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Merindu Cahaya De Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Jenjang SMA Kelas XI

Rosyidin, Muhammad Yahya Nur Haliimur (2023) Relevansi Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Merindu Cahaya De Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Jenjang SMA Kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190425_Muhammad Yahya Nur Haliimur Rosyidin_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di Indonesia. Negara Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim masih banyak orang-orangnya yang berpacaran dan menganggap bahwa hal tersebut wajar dan boleh dilakukan, padahal agama Islam sendiri telah melarang yang namanya pacaran baik sesama muslim maupun berbeda agama karena ditakutkan nanti akan mengundang syahwat dan akan menjerumuskan ke hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, film yang diangkat peneliti ini mengajarkan kepada kita bagaimana cara menjadi muslim yang baik dan benar, salah satunya yaitu dengan cara sebisa mungkin untuk menghindari suatu hubungan seperti pacaran dan nantinya dapat meningkatkan keimanan kita menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam film Merindu Cahaya de Amstel. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Merindu Cahaya de Amstel terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang SMA.
Penelitian ini dilihat dari objek penelitiannya termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memaparkan data. Data primer yang dipakai dalam penelitian ini berupa serangkaian adegan, peristiwa, aktivitas, dan dialog atau percakapan yang bersumber dari film yang diteliti. Data sekunder yang dipakai dalam penelitian ini berupa teori-teori yang sesuai dengan penelitian yang bersumber dari buku, jurnal, internet, dan artikel terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) serta menggunakan pendekatan didaktis sebagai pendekatan karya sastranya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam film Merindu Cahaya de Amstel antara lain nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Nilai akidah berupa bersyahadat, menjadi mualaf, salat, berdoa, Yakin bahwa Allah maha penolong, yakin bahwa Allah maha penyayang, yakin bahwa Allah maha pemberi petunjuk, yakin bahwa Allah maha penerima taubat, yakin bahwa Allah maha penolong, iman kepada kitab-kitab Allah dengan cara mengamalkan Al-Qur’an, dan iman kepada qada’ dan qadar. Nilai ibadah berupa syahadat, salat, berdoa, takziah, mengucap serta menjawab salam, dan dakwah. Nilai akhlak berupa peduli, jujur, toleransi, menjaga diri, taat, sabar, dan ikhlas. Kedua, nilai pendidikan Islam dalam film Merindu Cahaya de Amstel memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMA kelas XI. Nilai pendidikan Islam yang relevan tersebut antara lain nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai pendidikan Islam akidah berupa iman kepada Allah relevan dengan materi bab 1 dengan tema “Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt.”, nilai pendidikan Islam ibadah berupa dakwah relevan dengan materi bab 4 dengan tema “Saling Menasihati dalam Islam”, dan nilai pendidikan Islam akhlak antara lain berupa jujur yang relevan dengan materi bab 2 dengan tema “Berani Hidup Jujur”, takziah yang relevan dengan materi bab 3 dengan tema “Melaksanakan Pengurusan Jenazah”, taat yang relevan dengan materi bab 6 dengan tema “Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja”, dan toleransi yang relevan dengan materi bab 11 dengan tema “Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:17
Last Modified: 23 Jun 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25120

Actions (login required)

View Item View Item