Upaya Guru Dalam Pembentukan Adab Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTS Di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Azka, Eka Ngazizatul (2023) Upaya Guru Dalam Pembentukan Adab Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTS Di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190068_EKA NGAZIZATUL AZKA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azka, Eka Ngazizatul. 2023. Upaya Guru Dalam Pembentukan Adab Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTS Di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ponorogo. Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Upaya Guru, Pembentukan Adab, Pembelajaran Akidah Akhlak.
Adab sangat penting maka dari itu perlu diperhatikan dan dimiliki oleh setiap siswa. Adab yang baik akan memberikan pengaruh dalam kehidupan sehingga ada pepatah yang mengatakan Al-Adabu Fauqol ilmi, oleh karena itu nilai yang terkandung dalam agama perlu diketahui, dipahami, diyakini dan diamalkan agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Dalam pembentukan adab sangat di perlukan adanya bimbingan dari guru, terutama dari Guru Akidah Akhlak sebagai mata pelajaran yang menanamkan nilai-nilai adab kepada siswa. Guru selain memiliki kewajiban mengajar juga memiliki kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembentukan dan pembinaan adab siswa, Guru Akidah Akhlak adalah ujung tombak dalam upaya pembentukan adab siswa di sekolah karena pada usia ini merupakan masa fundamental yang harus diberi landasan adab yang baik.
Berdasarkan permasalahan diatas peneliti bertujuan mendeskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) upaya guru dalam membentuk adab siswa melalui pembelajaran akidah akhlak pada kelas VIII MTS di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk adab siswa melalui pembelajaran akidah akhlak pada kelas VIII MTS di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (3) implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan adab siswa kelas VIII MTS di Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep dari Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Di MTS Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo terdapat lima pembiasaan adab di antaranya: adab berbicara, adab makan dan minum, adab terhadap guru, adab berdoa, dan adab berpakaian. Upaya guru dalam membentuk adab siswa melalui pembelajaran: (a) guru sebagai pengelola kelas, jika siswa berbicara kotor maka guru memberikan contoh berbicara yang sopan. (b) guru sebagai fasilitator, guru memberikan fasilitas pembelajaran terkait materi adab terhadap guru. Membentuk adab siswa melalui pembiasaan: (a) guru sebagai demonstrasi, jika siswa makan minum dengan berdiri maka guru memberikan contoh dengan duduk, jika ada siswa ketika berdoa berjalan-jalan maka guru memberikan contoh cara berdoa dengan duduk yang rapi. (b) guru sebagai evaluator, jika siswa memakai hijab diikat ke belakang maka guru mengingatkan siswa untuk memakai hijab yang baik. (2) faktor pendukung dalam pembentukan adab siswa karena adanya dukungan keluarga, dukungan dari lingkungan masyarakat, dukungan dari lingkungan sekolah, dan adanya pengaruh dari pergaulan berteman siswa yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya karena pengaruh dari media sosial seperti siswa melihat sesuatu yang tidak pantas diperlihatkan di media sosial, dan faktor penghambat dari anak itu sendiri seperti kurangnya tekat siswa untuk berubah menjadi lebih baik. (3) implikasi pembentukan adab siswa mampu meningkatkan pribadi siswa menjadi lebih baik dan siswa mampu menempatkan diri pada tempat maupun waktu tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:15
Last Modified: 23 Jun 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25118

Actions (login required)

View Item View Item