Implementasi Discovery Learning Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ips Tematik Siswa Kelas IV di Mi Salafiyah Barek

Nusawan, Pandu (2023) Implementasi Discovery Learning Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ips Tematik Siswa Kelas IV di Mi Salafiyah Barek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180093_PANDU NUSAWAN_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nusawan, Pandu. 2023. Implementasi Discovery Learning Berorientasi Hots Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Tematik Siswa Kelas IV Di MI Salafiyah Barek Kabupaten Madiun. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar IPS, MI Salafiyah Barek.
Pendidikan merupakan sarana yang efektif dalam upaya mencerdaskan kehidupan
bangsa. Penunjang dari efektifitas pendidikan adalah proses pembelajaran. Pembelajaran tidak akan berjalan dengan maksimal jika guru tidak mampu menyampaikan dan tak mampu menarik minat murid. Sehingga guru diharapkan berperan aktif dalam proses bimbingan, motivasi, dan dorongan semangat belajar kepada anak didiknya. Sehingga dapat menghasilkan pola pendidikan yang layak, tidak membosankan, dan menarik bagi anak didik atau murid.
Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) Untuk mengetahui implementasi discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS Tematik di MI Salafiyah Barek Kabupaten Madiun; (2) Untuk mengetahui hasil penerapan discovery learning dapat meningkatkan minat belajar IPS Tematik di MI Salafiyah Barek Kabupaten Madiun.; (3) Untuk mengetahui hasil penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tematik di MI Salafiyah Barek Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi kasus dengan desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Salafiyah Barek Madiun. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Membagi menjadi dua siklus dalam artian duakali tatap muka untuk menadapatkan data yang akurat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Implementasi Penelitian discovery learning berorientasi HOTS mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Salafiyah Barek Kebonsari Madiun; (2) Penelitian PTK mengenai penerapan discovery learning berorientasi HOTS dalam meningkatkan minat belajar anak mendapatkan perolehan presentase keberhasilan angka 68,71% pada siklus I dan 82,94% disiklus II. Sehingga disimpulkan mapu meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS di MI Salafiyah Barek Kebonsari Madiun; (3) Penelitian PTK mengenai penerapan discovery learning berorientasi HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Salafiyah Barek Kebonsari Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:10
Last Modified: 23 Jun 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item