STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN BUDAYA SHALAT BERJAMAAH DI SMPN 2 PONOROGO

Sari, Nur Puspita (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN BUDAYA SHALAT BERJAMAAH DI SMPN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190212 NUR PUSPITA SARI PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sari, Nur Puspita. 2023. Strategi Guru pendidikan Agama Islam dalam Membangun Budaya Shalat Berjamaah di SMPN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Budaya, Shalat Berjamaah.
Budaya shalat berjamaah menjadi hal yang perlu ditumbuh kembangkan di lingkungan sekolah khususnya di SMPN 2 Ponorogo. Agar poses kegiatan shalat berjamaah berjalan dengan baik tentunya hal ini diperlukan tenaga-tenaga dari pendidik maupun kependidikan yang berkualitas, memiliki loyalitas serta disiplin yang tinggi. Guru agama mempunyai peran yang penting dalam mengembangkan budaya shalat berjamaaah disekolah, kegiatan ini sangat baik dilaksanakan karena akan menumbuhkan rasa tanggung jawab peserta didik dalam melaksanakan shalat lima waktu dengan berjamaah.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun budaya shalat berjamaah di SMPN 2 Ponorogo, (2) Untuk menganalisis implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun budaya shalat berjamaah di SMPN 2 Ponorogo, (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun budaya shalat berjamaah di SMPN 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data dari guru pendidikan agama Islam, waka kesiswaan, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi non partisipan, wawancara semiterstur dan mendalam (indept interview), dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun budaya shalat berjamaah di SMPN 2 Ponorogo , meliputi strategi formal: formulasi strategi dan penaggung jawab, implementasi strategi, pengendalian strategi dan tindaklanjut. Sementara itu, strategi informal meliputi: memberikan contoh (tauladan), membiasakan hal baik, menegakkan disiplin, motivasi dan dorongan, reward dan punishment. (2) Implikasi dari budaya shalat berjamaah antara lain: adanya penguatan karakter, menumbuhkan sikap jujur, mendekatkan diri kepada Allah SWT, kerukunan, dan mencegah dari perbuatan tercela. (3) Faktor pendukung dan penghambat. Pertama, faktor pendukung internal, faktor dari diri sendiri. Kedua, faktor eksternal adanya dukungan dari lingkungan keluarga dan sekolah, peraturan sekolah dan kerjasama antar warga sekolah. Faktor penghambat dalam membangun budaya shalat berjamaah. Pertama, faktor penghambat internal, faktor kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik. Kedua, untuk faktor eksternal adalah fasilitas tempat yang terbatas dan kurangnya kesadaran dari lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NUR RAHMI SONIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:12
Last Modified: 23 Jun 2023 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item