Internalisasi Nilai Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 3 Madiun

Nurkumalasari, Marta Putri (2023) Internalisasi Nilai Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190147_,MARTA PUTRI NURKUMALASARI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurkumalasari, Marta Putri. 2023. Internalisasi Nilai Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Kemandirian, Tanggung Jawab, Kegiatan Ekstrakurikuler

Pendidikan karakter sangat dibutuhkan saat ini, karena karakter yang kuat merupakan dasar bagi manusia untuk hidup bersama dalam damai dan menciptakan dunia kebajikan dan kebaikan, bebas dari tindakan maksiat dan kekerasan. Upaya yang dilakukan untuk memberikan pendidikan karakter dengan proses internalisasi nilai kemandirian dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun dalam membentuk nilai kemandirian dan tanggung jawab; (2) bagaimana dampak internalisasi nilai kemandirian dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan proses internalisasi melalui 3 tahapan yaitu a) tahap transformasi nilai : menyampaikan nilai yang baik seperti patriotisme, disiplin, tanggung jawab, nasionalisme, peduli sosial, tolong menolong, dan religius, Sedangkan nilai buruk yang harus dihindari dan dijauhi siswa yaitu radikalisme, terorisme, apatis, egois, minder, malu, malas, bergantung kepada orang lain, b) tahap transaksi nilai : menghasilkan nilai tertib, khidmat, hormat, kepedulian, tolong menolong yang tinggi, bersungguh-sungguh, serius, nilai ibadah, akidah, akhlak dan sosial, Sedangkan untuk sanksi yang diberikan kepada yang melanggar seperti diberikan teguran, pada saat upacara berdiri di belakang barisan dan setelah upacara dibubarkan para siswa yang terlambat akan diberikan sanksi selanjutnya sesuai dengan tingkatan seberapa sering mereka terlambat, c) tahap transinternalisasi : nilai yang terwujud yaitu nilai kemandirian, tanggung jawab, kedisiplinan, dan kerja sama, cinta tanah air, kejujuran, suka rela, semangat, berinisiatif sendiri, dan mengabdikan diri kepada Allah. (2) dampak internalisasi nilai kemandirian dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, PMR, olahraga dan keagamaan antara lain nilai kemandirian yang didapatkan yaitu mandiri secara emosional, mandiri ekonomi, mandiri perilaku dan intelektual, mandiri sosial, dan mandiri secara nilai. Sedangkan nilai tanggung jawab yang didapatkan seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa, dan tanggung jawab terhadap Tuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:01
Last Modified: 23 Jun 2023 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item