Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran dan Tanggung Jawab Melalui Koperasi Siswa di MAN 3 Madiun

Arifatin, Arifatin (2023) Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran dan Tanggung Jawab Melalui Koperasi Siswa di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190034_Arifatin_PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Arifatin, 2023. Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran dan Tanggung Jawab Melalui Koperasi Siswa di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nastiti Mufidah, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Kejujuran, Tanggung Jawab, Koperasi Siswa.
Dalam dunia pendidikan diperlukan penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab yang mampu membiasakan siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai. Begitu pula proses penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab melalui koperasi siswa adalah siswa mengambil sendiri makanan atau minuman yang mereka beli dan menaruh uangnya di dalam laci serta mencatatnya. Kemudian siswa yang tidak membawa uang boleh mengambil jajan atau minuman dan kemudian dicatat di dalam buku hutang siswa yang telah disediakannya. Serta keunikan lainnya ialah siswanya sendiri terlibat secara langsung dalam melakukan pengelolaan koperasi siswa ini. Dan di dalam koperasi siswa ini belum adanya pengawasan secara elektronik salah satunya cctv.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab melalui koperasi siswa di MAN 3 Madiun; (2) faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab melalui koperasi siswa di MAN 3 Madiun; dan (3) dampak penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab melalui koperasi siswa di MAN 3 Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada menggunakan kata-kata dan bukan angka. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara berasal dari siswa di MAN 3 Madiun, pembina 1 koperasi siswa, pembina 2 koperasi siswa dan kepala MAN 3 Madiun. data dari hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi : reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan (1) prosesnya guru memberikan kebiasaan atau contoh perilaku yang jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas serta ketika di dalam koperasi siswa. Proses penanaman ini, siswa dalam melakukan kejujuran dilatih untuk terbiasa berbuat jujur, berkata jujur, melaksanakan program koperasi siswa bagi petugas secara jujur dalam keuangan. Sedangkan proses penanaman nilai tanggung jawab siswa melalui koperasi siswa ini dilatih secara mandiri yaitu berani mengambil dan merusak harus berani bertanggung jawab dan menaati peraturan yang ada di dalam koperasi siswa; (2) faktor-faktor pendukug penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab seperti didukung oleh kepala sekolah, guru serta seluruh siswa, di dalam koperasi siswa ini dikembangkan langsung dan dikelola oleh siswanya sendiri, siswa yang taat dalam peraturan yang ada di koperasi siswa, siswa yang mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti nilai kejujuran dan tanggung jawab dan kelengkapan yang ada di koperasi siswa. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai kejujuran dan tanggung jawab adalah keterbatasan di bidang modal, belum adanya pengawasan secara elektronik seperti disediakannya cctv dan alat komputer untuk mempermudah dalam kasir; dan (3) dampak penanaman nilai kejujuran siswa yaitu berbuat dan berkata dengan jujur, siswa yang memiliki hutang di koperasi langsung dibayar, dipercaya banyak orang, tidak berbohong dan terbiasa berperilaku jujur di dalam sekolah maupun masyarakat sedangkan nilai tanggung jawab dampaknya siswa menjadi terkendali, pengembangan jati diri siswa, adanya persaingan yang sehat, siswa menjadi memperhatikan kepentingan bersama di dalam koperasi siswa, siswa mulai nyaman dalam berbisnis dan siswa mulai berani mengambil segala sesuatu dengan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:00
Last Modified: 23 Jun 2023 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item