Studi Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual dengan Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Siswa Kelas V MI Sabilil Islam Madiun

Nisa, Nurul Sa'adatun (2023) Studi Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual dengan Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Siswa Kelas V MI Sabilil Islam Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190284_NURUL SA'ADATUN NISA_PGMI.pdf

Download (804kB)

Abstract

Nisa, Nurul Sa’adatun. 2023. Studi Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual dengan Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Siswa Kelas V MI Sabilil Islam Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M. Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Missouri Mathematics Project (MMP), Pemecahan Masalah Kontekstual.
Penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dianggap sebagai salah satu model pembelajaran yang sesuai, dikarenakan dalam prosesnya terdapat tahapan diantaranya review, pengembangan, latihan terkontrol, kerja mandiri dan penugasan. Sesuai dalam pembelajaran matematika yang membutuhkan banyaknya latihan-latihan untuk menerapkan konsep materi yang telah dipelajari. Dengan model ini peserta didik diberikan kesempatan dalam menyelesaikan masalah baik secara individual maupun kelompok, dengan adanya kerja berkelompok dapat melatih peserta didik untuk mengeluarkan ide dan pendapat.
Penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) mengetahui perbedaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (3) untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design berbentuk Posttest Only Control Group Design. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berupa sampling jenuh dan memiliki jumlah sampel penelitian sebanyak 46 siswa MI Sabilil Islam Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes essay.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05, sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada kelas V MI Sabilil Islam Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:57
Last Modified: 23 Jun 2023 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25096

Actions (login required)

View Item View Item