Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo

Anggreini, Widya Ayu (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190473_WIDYA AYU ANGGREINI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (733kB)

Abstract

Anggreini, Widya Ayu. 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Pelajar Pancasila Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, nilai-nilai profil pelajar Pancasila.
Penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia belum sepenuhnya optimal dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan belum optimalnya upaya yang dilakukan oleh guru PAI untuk menumbuhkan dimensi tersebut. Dimensi ini meliputi akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. Tujuan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila, (2) untuk mendeskripsikan dampak proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap nilai-nilai profil pelajar Pancasila, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia tidak hanya bersifat pembelajaran intrakurikuler (pembelajaran di dalam kelas), namun penumbuhan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dilaksanakan melalui pemberian keteladanan perilaku atau penumbuhan karakter akhlak mulia. (2) Kemudian dampak proses
pembelajaran PAI terhadap nilai-nilai profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia difokuskan pada penyiapan siswa untuk bisa langsung terjun di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja, untuk itu peran akhlak sangatlah penting dalam mendukung kompetensi yang dimiliki oleh siswa tersebut. (3) Selanjutnya kendala guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dibagi menjadi dua, yaitu kendala internal dan kendal eksternal. Kendala internal ini diantaranya belum optimalnya bahan ajar dan modul ajar yang disusun oleh guru PAI, sedangkan kendala eksternal yaitu masih belum optimalnya minat belajar PAI yang dimiliki oleh peserta didik, dan sikap mereka ketika mengikuti proses pembalajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:54
Last Modified: 23 Jun 2023 00:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item