Manajemen Kearsipan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Sekolah (Studi Kasus di MAN 2 Kabupaten Madiun)

Khofsoh, Khofifah Arina (2023) Manajemen Kearsipan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Sekolah (Studi Kasus di MAN 2 Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190094_Khofifah Arina Khofsoh_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khofsoh, Khofifah Arina. 2023. Manajemen Kearsipan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Sekolah (Studi Kasus di MAN 2 Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Abdul Kholiq, MBA
Kata Kunci : Manajemen Kearsipan, Peningkatan Kualitas, Layanan Sekolah

Salah satu permasalahan yang dihadapi di sebuah lembaga adalah pengelolaan arsip. Arsip adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki organisasi. Oleh karena itu, arsip perlu ditata dengan baik untuk membangun manajemen organisasi yang efektif, efisien, dan professional demi kemajuan organisasi.
Tujuan permasalahan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pengelolaan manajemen kearsipan dalam peningkatan kualitas layanan sekolah di MAN 2 Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak manajemen kearsipan dalam peningkatan kualitas layanan sekolah di MAN 2 Kabupaten Madiun.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi Manajemen Kearsipan dalam peningkatan kualitas layanan sekolah di MAN 2 Madiun yaitu pada sistem manajemen kearsipan harus memiliki perencanaan dalam pelaksanaan yang berkaitan dengan tujuan dan kelancaran dalam pelaksanaanya sehingga semuanya terstruktur dan terencana. Ada 7 indikator dalam ketata usahaan yang juga merupakan siklus arsip berikut ini (a) Penciptaan arsip, merupakan surat dan naskah lainnya, gambar dan rekaman merupakan aktifitas awal dari masa kehidupan arsip. (b) Penggunaan data, dokumen telah selesai dipergunakan, dokumen masih dibutuhkan untuk waktu yang akan datang. (c) Penyimpanan arsip, dokumen yang masih dipergunakan dalam berbagai kegiatan kantor di instansi perlu untuk disimpan ditempat penyimpanan arsip dengan status aktif. (d) Perawatan arsip, perawatan arsip harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan pada arsip, terutama pada arsip dinamis. (e) Penemuan kembali arsip, arsip sering dipergunakan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah, kebanyakan arsip yang digunakan atau dipinjam oleh seksi bagian lain. (f) Penyusutan arsip, secara berskala nilai kegunaan setiap arsip yang disimpan sehingga petugas arsip dapat menentukan kapan dokumen yang bersangkutan dapat disusut. (2) Dampak manajemen kearsipan dalam peningkatan kualitas layanan sekolah di MAN 2 Madiun yaitu arsip juga merupakan alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dalam sekolah. Dampak tersebut adalah hasil dari implementasi manajemen kearsipan dan upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas layanan di MAN 2 Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:53
Last Modified: 23 Jun 2023 00:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item