Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Layanan Pendidikan Kepada Siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo

Aviati, Resa Nur (2023) Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Layanan Pendidikan Kepada Siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190292-Resa Nur Aviati-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aviati, Resa Nur, 2023. Komunikasi Interpesonal Guru dalam Memberikan Layanan Pendidikan Kepada Siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Evi Muafiah M, Ag.

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru, Layanan Pendidikan

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan. Komunikasi antarpribadi dianggap sangat efektif untuk mengubah sikap juga perilaku orang, karena komunikasi interpersonal ini berbentuk percakapan yang membuahkan umpan balik. Ini berarti komunikator bisa merasakan reaksi audiens secara instan. Komunikator dapat mengerti dengan pasti apakah pesan yang disampaikan akan berhasil. Jika tidak, komunikator bisa memberi kesempatan pada komunikan untuk bertanya. Pada SDN 2 Tonatan Ponorogo ditemui banyak siswa yang perilakunya menyimpang. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kenakalan anak terjadi baik di dalam maupun di luar kelas. Kenakalan memanifestasikan dirinya dalam bentuk pertengkaran antar siswa di kelas selama pembelajaran sehingga peserta didik terluka, tidak jarang mengeluarkan kata-kata kotor kepada teman sebayanya dan bahkan merusak sesuatu milik teman. Selain itu, beberapa peserta didik ribut di dalam kelas dengan berteriak dan menangis sehingga mengganggu proses pembelajaran di kelas. Ada juga siswa yang berperilaku tidak sopan dan berkata dengan nada tinggi kepada guru. Dengan adanya beberapa fenomena yang telah di jelaskan, maka terlihat jelas bahwa anak bermasalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan: 1) keterbukaan guru dalam menangani kenakalan siswa di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo dan 2) dukungan yang dilakukan guru dalam menangani kenakalan siswa di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo.
Pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari pihak yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti langsung ke objek penelitian. Pengambilan data dilaksanakan di SDN 2 Tonatan Ponorogo dengan menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data yang dicari yaitu informasi tentang kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan tiga elemen yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) keterbukaan yang diberikan guru kepada siswa dalam menangani kenakalan siswa di antaranya: memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kendala yang dihadapi, memberikan konseling, berkomunikasi interpersonal di luar jam pembelajaran, dan juga dengan tanya jawab. (2) dukungan yang diberikan guru kepada siswa dalam menangani kenakalan siswa di antaranya: memberikan moril kepada siswa, memberi motivasi dan penghargaan baik berupa barang atau ucapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:52
Last Modified: 23 Jun 2023 00:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item