...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS) DAN TAMBAHKAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA KELAS VII DI SMPN 1 KENDAL NGAWI

Alifudin, Rohmad Nur (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS) DAN TAMBAHKAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA KELAS VII DI SMPN 1 KENDAL NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_ROHMAD_NUR_ALIFUDIN_201190246[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Alifudin, Rohmad Nur. 2023. Implementasi Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Kelas VII di SMPN 1 Kendal Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Penerapan, metode Ummi, kemampuan membaca Al-Qur’an
Kemampuan membaca Al-Qur’an di SMPN 1 Kendal Ngawi masih jauh dari kata ideal. Hampir dari setengah dari siswa kelas VII belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Masalah ini disebabkan karena belum ada metode belajar Al-Qur’an yang tepat. Metode Ummi kemudian hadir dengan komitmen menuntaskan masalah ketidak mampuan dalam membaca Al-Qur’an. Materi tajwid dan makharijul huruf menjadi salah satu pokok pembelajaran metode Ummi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMPN 1 Kendal Ngawi. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMPN 1 Kendal Ngawi. 3) Mendeskripsikan hasil dari penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMPN 1 Kendal Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yang dikembangkan Miles, Hubermen dan Saldana. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan metode Ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada aspek tajwid, fashohah dan irama di SMPN 1 Kendal Ngawi. Penerapan metode Ummi melalui tujuh tahapan: a. Pembukaan, b. Apersepsi, c. Penanaman Konsep, d. Pemahaman Konsep, e. Latihan/Keterampilan, f. Evaluasi, g. Penutup. 2) Faktor pendukung penerapan metode Ummi berasal dari faktor fisiologi, faktor lingkungan dan faktor psikologis. Hal tersebut di karena beberapa siswa sebelumnya telah belajar Al-qur’an, metode yang bermutu, guru dan sistem yang berbasis mutu serta dukungan monitoring wali murid di rumah. Faktor penghambat berasal dari faktor fisiologi dan lingkungan. Hal ini dikarenakan bebrapa siswa yang masih kurang dalam belajar Al-Qur’an, fokus mudah terganggu dan siswa yang tidak hadir maupun datang terlambat serta kurangnya monitoring dari wali murid. 3) Hasil pembelajaran menggunakan metode Ummi di SMPN 1 Kendal Ngawi sangatlah baik dan mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari 3 aspek peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMPN tersebut yaitu: tajwid, fashohah dan irama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:00
Last Modified: 22 Jun 2023 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25086

Actions (login required)

View Item View Item