...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI AKHLAK GURU DALAM KITAB A>DA>BUL ‘A>LIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KARAKTER GURU DI ZAMAN SEKARANG

Akmala, Nurin Fauziatul (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI AKHLAK GURU DALAM KITAB A>DA>BUL ‘A>LIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KARAKTER GURU DI ZAMAN SEKARANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NURIN FAUZIATUL AKMALA 201190214 PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akmala, Nurin Fauziatul. 2023. Nilai-Nilai Akhlak Guru dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Karakter Guru di Zaman Sekarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd.

Kata Kunci: akhlak guru, karakter guru, kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim.

Pendidikan adalah tempat dimana manusia saling berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran. Guru merupakan salah satu komponen dalam pendidikan yang melakukan interaksi dengan peserta didik. Kata guru berarti digugu dan ditiru, maksudnya guru harus bisa dipercaya ucapannya dan dicontoh perbuatannya. Semakin berkembangnya zaman ini, guru terus dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang ada, seperti halnya dengan sekarang ini. Guru dizaman ini harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang sekarang ini digunakan untuk berjelajah apapun, mulai dari buku online, bisnis online, belanja online, dan lain sebagainya. Jadi peran guru tidak sepenuhnya menjadi sumber belajarnya peserta didik. Selain halnya dari teknologi, guru juga harus tetap memperhatikan akhlak atau tata krama seorang guru. Banyak kasus kekerasan di sekolah yang mengatasnamakan guru sebagai pelaku dan peserta didik sebagai murid. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut perlu adanya kajian mengenai karakter seorang guru itu. Dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dijelaskan bagaimana seorang guru terhadap dirinya, ketika mengajar, dan kepada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian library research yang mengambil data dari sumber pustaka yang berupa buku, jurnal, kamus dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai akhlak guru dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dan bagaimana relevansinya dengan kerakter guru di zaman sekarang ini.
Hasil dari penelitian ini yaitu nilai-nilai akhlak guru dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim terbagi menjadi tiga. Pertama akhlak pribadi seorang guru seperti bertaqwa kepada Allah Swt, menjauhi perkara yang buruk dan bersosial dengan tata krama yang baik. Kedua akhlak guru ketika mengajar seperti suci dari dua hadats, berpakaian rapi, dan memanfaatkan waktu dengan baik. Ketiga akhlak guru kepada peserta didik seperti mengenal setiap peserta didik, menyampaikan materi dengan mudah, dan mengunggulkan potensi peserta didik yang lebih unggul.
Nilai akhlak guru dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim masih relevan dengan karakter guru dizaman sekarang ini diantaranya yaitu guru harus semangat dalam meningkatkan keilmuannya, mampu mengembangkan potensi peserta didik, berperilaku baik karena guru adalah seorang teladan, dan guru harus kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:47
Last Modified: 22 Jun 2023 05:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item