Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Kerja Pegawai Tata Usaha di SMPN 2 Ponorogo

Apriyani, Tina (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Kerja Pegawai Tata Usaha di SMPN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190174_TINA APRIYANI_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pendidik dan tenaga pendidik di dalam melaksanakan tugas-tugasnya akan sangat ditentukan oleh tingkat kedisiplinannya. Agar proses pendidikan sekolah berjalan dengan baik, tentunya diperlukan tenaga-tenaga dari pendidik maupun kependidikan yang berkualitas. Kepala sekolah sebagai leader harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan kepada bawahannya khususnya di SMPN 2 Ponorogo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait rendahnya kedisiplinan dan rasa tanggung jawab pegawai tata usaha dalam menjalankan tugas-tugasnya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki strategi dalam meningkatkan disiplin kerja pegawainya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) untuk mengetahui dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo, (2) untuk mengetahui dan menganalisis implikasi strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo, (3) untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah melakukan pembinaan disiplin, pembangkitan motivasi, memberikan keteladanan, memberikan pelatihan, penghargaan dan hukuman, penetapan kebijakan, pengawasan dan konsisten terhadap pekerjaan. (2) Implikasi strategi dalam menumbuhkan sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo adalah siswa dan guru mendapat pelayanan administrasi yang cepat dan efektif, meningkatnya kinerja dan produktivitas tenaga kependidikan. (3) Faktor pendukung internal sikap disiplin kerja pegawai tata usaha di SMPN 2 Ponorogo, yakni adanya motivasi dan komitmen pegawai, dan kesehatan secara jasmani. Faktor eksternal pendukungnya yakni sumber daya manusia yang berpotensi, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari keluarga dan keteladanan dari kepala sekolah, adanya peraturan atau tata tertib di sekolah, konsistensi kebijakan dan pengawasan di sekolah, sedangkan faktor penghambatnya dari internal pegawai datang tidak tepat waktu, kurangnya komitmen, adanya permasalahan pribadi, jarak rumah dan sekolah, dan faktor penghambat eksternalnya meliputi pegawai suka menunda pekerjaan, menurunnya semangat kerja pegawai, penyelesaian pekerjaan yang lambat, adanya konflik antar karyawan, dan kurang terlaksananya supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:45
Last Modified: 22 Jun 2023 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25079

Actions (login required)

View Item View Item