UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JENANGAN

Suprihatin, Amin (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JENANGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190019_Amin Suprihatin_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suprihatin, Amin. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan Desa Jenangan Kecamatan Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kenakalan siswa
Masa remaja awal adalah masa yang erat kaitannya dengan emosi yang masih labil atau berubah-ubah, sehingga dapat merangsang adanya perilaku negatif atau yang sering disebut dengan kenakalan siswa. Kenakalan siswa tersebut mencakup perbuatan yang meresahkan masyarakat, sekolah ataupun keluarga. Hal ini membutuhkan bimbingan dan perhatian orang tua maupun guru. Guru pendidikan agama Islam berperan sebagai pembinaan akhlak dan norma hukum di SMP Negeri 1 Jenangan menjadi aktor utama untuk menanggulangi kenakalan siswa terutama kelas VIII.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan, (2) mengetahui faktor yang menyababkan kenakalan siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan, (3) mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana data disajikan dalam bentuk kata-kata serta dokumen. Sedangkan,
jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif.
Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah, guru serta siswa. Sumber data tertulis dalam dokumen.Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis reduksi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan di SMP Negeri 1 Jenangan: (1) Bentuk bentuk kenakalan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan diantaranya, terlambat datang ke sekolah, berkata tidak sopan, membolos ketika jam pelajaran, membully teman, berkelahi dan penyalahgunaan HP pada siswa. (2) Faktor yang menyebabkan kenakalan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan meliputi: kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua, salah dalam memilih pergaulan, kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik ajaran agama. (3) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan meliputi tindakan preventif adalah upaya pencegahan untuk mengatasi kenakalan seperti melaksanaan kegiatan pembiasaan keagamaan misalnya melaksanakan sholat Dhuha dan tadarus Al-Qur’an sebelum pembelajaran PAI dimulai dan tindakan kuratif adalah tindakan untuk mengatasi kenakalan siswa yang bersifat penyembuhan seperti mengadakan pendekatan langsung kepada siswa yang bermasalah, memberikan nasehat dengan memberikan pengarahan tentang tata cara berakhlak yang baik, dengan cara tersebut diharapkan siswa bisa menyadari kesalahannya dan berusaha memperbaiki apa yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:33
Last Modified: 22 Jun 2023 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item