Nilai-nilai Sosial dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam

Kholifah, Nurul (2023) Nilai-nilai Sosial dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190219_NURUL KHOLIFAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kholifah, Nurul. 2023. Nilai-Nilai Sosial dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya
Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Agama
Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo,
Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Nilai Sosial, Film Merindu Cahaya de Amstel, Tujuan Pendidikan Agama
Islam
Nilai memiliki peran yang penting bagi manusia, jika nilai tidak dimiliki oleh
seseorang, maka ia tidak mempunya penghargaan tersendiri bagi pihak lainnya. Nilai
sosial merupakan nilai yang mengacu pada individu satu dengan individu lainnya,
manusia tidak dapat hidup sendiri sebab sesama manusia memiliki ketergantungan. Akan
tetapi, fenomena kurangnya nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari saat ini semakin
meningkat. Hal ini disebabkan tingginya sikap individual seseorang, berkembang
pesatnya teknologi, dan diskriminasi. Penanaman nilai-nilai sosial tidak hanya dapat
dilakukan melalui lembaga pendidikan formal, tetapi juga dapat melalui sebuah karya
sastra, salah satu karya sastra adalah film. Pada sebuah film terdapat beberapa kumpulan
adegan yang menjelaskan suatu nilai yang dapat diambil pelajarannya. Pelajaran tersebut
akan mempengaruhi pola pikir yang kemudian tercermin pada ucapan perilaku sehari-
hari Sebagaimana yang terdapat pada Film Merindu Cahaya de Amstel, nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya memiliki makna yang bersifat universal, yakni dapat diterapkan
oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.
Berdasarkan deskripsi persoalan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) nilai-nilai sosial dalam film Merindu
Cahaya de Amstel dan (2) relevansi nilai-nilai sosial dalam film Merindu Cahaya de
Amstel dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian telaah pustaka (library research). Teknik pengumpulan
data yang digunakan yakni menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, terdapat tiga nilai sosial dalam film
Merindu Cahaya de Amstel yaitu nilai kasih sayang, tanggung jawab, dan keserasasian
hidup. Nilai kasih sayang meliputi nilai sosial tolong menolong, kekeluargaan,
kepedulian, dan pengabdian. Nilai tanggung jawab yaitu nilai sosial empati. Nilai
keserasian hidup, yaitu nilai sosial toleransi. Kedua, relevansi nilai sosial dalam film
Merindu Cahaya de Amstel dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu nilai kasih
sayang meliputi nilai sosial tolong menolong, kepedulian, pengabdian dan nilai tanggung
jawab yaitu nilai sosial empati relevan dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu
tujuan individu. Nilai keserasian hidup yaitu nilai sosial toleransi relevan dengan tujuan
Pendidikan Agama Islam yaitu tujuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:21
Last Modified: 22 Jun 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item