Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik di SMAN 1 Sambit Ponorogo

Khotimah, Siti (2023) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190261_Siti Khotimah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khotimah, Siti. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta
Didik di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Perilaku Islami
Perilaku Islami merupakan perilaku penting yang harus dimiliki oleh
peserta didik saat ini karena sebagai generasi penerus bangsa dan negara. Di
SMAN 1 Sambit ditemukan perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan
ketentuan Islam. Perilaku tersebut seperti kurangnya sopan santun, makan dan
pergi ke kantin saat pelajaran berlangsung dan adanya peserta didik yang
meninggalkan sholat dzuhur.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui, mendeskripsikan dan
menganalisis strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik
di SMAN 1 Sambit Ponorogo; (2) mengetahui dan menganalisis faktor
penghambat guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik di
SMAN 1 Sambit Ponorogo; dan (3) mengetahui dan menganalisis implikasi
strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik di SMAN 1
Sambit Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis
deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model
analisis Miles, Huberman dan Saldana. Pengecekkan keabsahan data dalam proses
penelitian dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi metode.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) strategi guru PAI
dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Sambit Ponorogo
yaitu dengan menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan
yang dilakukan berupa membaca do’a sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran, mengaji atau membaca juz ‘amma dan sholat dzuhur berjama’ah.
Sedangkan keteladanan yaitu dengan memberikan contoh untuk selalu berperilaku
baik, sopan, santun, salam, sapa, berjabat tangan dan selalu bersikap jujur. (2)
faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik di
SMAN 1 Sambit Ponorogo berupa faktor intern, karena peserta didik belum
mengetahui mana yang baik dan tidak baik untuk dilakukan dan adanya faktor
alam seperti hujan. Sedangkan faktor ekstern berasal dari keluarga dan juga
lingkungan sekitar tempat tinggal mereka yang jauh dari daerah pusat keagamaan.
(3) implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik
di SMAN 1 Sambit Ponorogo yaitu para peserta didik memiliki kebiasaan untuk
selalu berdo’a sebelum melakukan aktivitas, sholat menjadi tepat waktu, bersikap
sopan, santun, salam, sapa, jujur, taat, religius dan peduli terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:19
Last Modified: 22 Jun 2023 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item View Item