KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM KITAB BIDA>YAT AL-HIDA>YAH KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH

Rif'ah, Zulfa Ni'matur (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM KITAB BIDA>YAT AL-HIDA>YAH KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190302_ZULFA NI'MATUR RIF'AH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rif’ah, Zulfa Ni’matur. 2023. Konsep Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Dalam Kitab Bida>yat al-Hida>yah Karya Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak di Madrasah Aliyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak, Kitab Bida>yat al-Hida>yah, Materi Akidah Akhlak

Seiring berkembangnya zaman serta IPTEK, semakin berkurang pula penerapan akhlakul karimah peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghadapi hal tersebut maka diperlukannya sebuah pendidikan akhlak, yaitu dengan cara memunculkan kembali karya-karya pendidikan akhlak dari para pemikir Islam terdahulu. Salah satunya adalah kitab Bida>yat al-Hida>yah karya Imam al-Ghazali. Peneliti memilih kitab tersebut sebagai bahan penelitian karena didalamnya banyak memuat konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam setiap aspek pembahasannya. Selain itu, kitab Bida>yat al-Hida>yah memuat dalil-dalil yang berkaitan dengan materi Akhlak di Madrasah Aliyah yang dapat digunakan sebagai media penunjang dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Bida>yat al-Hida>yah karya Imam Al-Ghazali, dan (2) menjelaskan relevansi konsep pendidikan akhlak dalam kitab Bida>yat al-Hida>yah karya Imam Al-Ghazali dengan materi akhlak di Madrasah Aliyah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji kitab Bida>yat al-Hida>yah, kemudian di analisis dengan menggunakan metode content analysis. Berikut langkah-langkah content analysis, (1) membaca kitab Bida>yat al-Hida>yah terlebih dahulu. (2) Menentukan dalil-dalil yang berkaitan dengan objek penelitian. (3) Mencatat kutipan yang telah ditentukan lalu di display. (4) melakukan coding, memilah dan memilih data-data yang sesuai dan yang dibutuhkan. (5) Menganalisis konsep pendidikan akhlak dari kutipan. (6) Menyimpulkan konsep pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Bida>yat al-Hida>yah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Bida>yat al-Hida>yah karya Imam Al-Ghazali meliputi, pertama, adab kepada Allah yang mencakup tentang perintah menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan Allah Swt. yang sesuai dengan materi akhlak di kelas X tentang bertaubat, menundukkan nafsu syahwat dan gadhlab, serta di kelas XI tentang adab berpakaian, berhias, dan perjalanan untuk ibadah. Kedua, adab kepada Rasulullah Saw. yang relevan dengan materi akhlak di kelas XI tentang berpuasa dengan menundukkan nafsu syahwat. Ketiga, adab pergaulan dengan sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari yang relevan dengan materi akhlak di kelas X dan XII tentang menghormati guru dan orang tua serta etika bergaul dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:18
Last Modified: 22 Jun 2023 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item View Item