Pengajian Weton Sebagai Upaya Penanaman Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo

Yani, Fitri Aida (2023) Pengajian Weton Sebagai Upaya Penanaman Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190369_Fitri Aida Yani_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yani, Fitri Aida. 2023. Pengajian Weton Sebagai Upaya Penanaman Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pengajian Weton, Kedisiplinan, Pondok Pesantren
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang sudah lama berkembang di Indonesia yang menghadirkan alternatif baru dari sistem pembelajarannya salah satunya melalui pengajian weton. Pengajian weton merupakan kegiatan positif yang dapat menjadikan santri lebih disiplin. Sikap disiplin tersebut muncul karena pembiasaan-pembiasaan pada pengajian weton yang bersifat istiqomah dan sistem pembelajaran yang bersifat monolog. Adapun penanaman kedisiplinannya yaitu dengan peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis, motivasi dari ustaz/ustazah, adanya seorang figur dan ta’ziran bagi santri yang melanggar peraturan.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan dan menganalisis pelaksanaan pengajian weton sebagai upaya penanaman kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo 2) Menjelaskan dan menganalisis implikasi pengajian weton pada kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenisnya studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan verification atau menarik kesimpulan. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian agar data yang diperoleh lebih komprehensif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pengajian weton di Pondok Pesantren Jabal Noer dalam upaya penanaman kedisiplinan santri di Pondok pesantren Jabal Noer Sidoarjo dilakukan dengan membuat peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis seperti sebelum pelaksanaan pengajian santri harus mempersiapkan diri seperti menyiapkan alat tulis dan kitab yang dikaji. Sebelum pengajian weton ustaz/ustazah menyiapkan santri seperti membunyikan bel dan mengecek kamar-kamar santri. Dalam pelaksanaan pengajian weton guru sebagai pusat ilmu sebelum pembelajaran dimulai ustaz/ustazah menjelaskan cakupan materi yang akan dipelajari agar santri paham yang sedang dipelajari. Pada kegiatan inti ustaz/ustazah menerjemahkan dan menjelaskan makna kitab. Pada saat menjelaskan materi ustaz/ustazah menambahkan nasihat-nasihat kepada santri, bagi santri ini sebagai motivasi agar lebih disiplin. Di akahir pembelajaran ustaz/ustazah memberikan feedback berupa kesempatan untuk bertanya maupun penegasan kepada santri. Pembelajaran bermutu disertai adab akan berpengaruh dalam mencapai tujuan. Guru merupakan pemegang kendali dalam pelaksanaan pengajian weton. 2) Implikasi pengajian weton pada kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo terbagi menjadi 2 bagian yaitu: kedisiplinan waktu dan kedisiplinan sikap. Dampak kedisiplinan waktu adalah tingkat kesadaran santri terhadap waktu semakin bertambah dan dampak dari kedisiplinan sikap ialah pada karakter/sikap santri memiliki sifat yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:14
Last Modified: 22 Jun 2023 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item