STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BADEGAN

Tanjali, Natsya Azizah Mir'atu (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BADEGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190049_ NATSYA AZIZAH MIR'ATU TANJALI_ MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanjali, Natsya Azizah Mir’atu. 2023. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 1 Badegan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, mutu pelayanan, kepala sekolah, SMAN 1 Badegan
Dalam ruang lingkup pendidikan, kepala sekolah merupakan penggerak dan kunci utama dalam kesuksesan lembaga. Mutu pendidikan tidak hanya ditentukan dari sekolah sebagai lembaga pengajaran, namun juga ditentukan dari pandangan dan harapan masyarakat atau pelanggan pendidikan yang selalu berubah seiring perkembangan zaman. Terkait hal tersebut SMAN 1 Badegan menjadi salah satu lembaga pendidikan yang terletak padda pinggiran kota namun memiliki segudang karya dan prestasi yang sangat menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMAN 1 Badegan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hasil penerapan strategi, dan evaluasi hasil penerapan strategi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber datanya diperoleh dari informan yang berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMAN 1 Badegan dilakukan setiap akhir tahun ajaran (Januari) dan akhir tahun anggaran (Juni) melalui rapat perencanaan program. Perencanaan program tersebut diantaranya penambahan dan pengembangan fasilitas, peningkatan profesionalisme guru, dan pengadaan webinar, lokakarya, serta seminar bagi anggota sekolah. (2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMAN 1 Badegan berjalan dengan baik karena didukung oleh iklim lembaga yang positif dan kepemimpinan yang bijak. (3) Hasil penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan yaitu meningkatnya kinerja guru, meningkatnya semangat belajar peserta didik sehingga menghasilkan karya yang epik, dan tersedianya fasilitas pendidikan yang memadai seperti kapasitas wifi, lahan parkir yang luas, dan gedung yang bersih. (4) Evaluasi hasil penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMAN 1 Badegan yaitu uji keberhasilan yang menunjukkan sejauh mana kesuksesan pelaksanaan program yang direncanakan. Evaluasi hasil penerapan strategi berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Badegan. Hal ini ditandai dengan banyaknya guru yang telah lulus sertifikasi dan prestasi siswa yang kian meningkat, serta adanya fasilitas penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:23
Last Modified: 22 Jun 2023 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item View Item